Alat Keselamatan Kapal Non-Convention Vessel Standard (NCVS)

The International Safety Management Code (ISM Code)
The International Safety Management Code (ISM Code)

| LAUTINDO | SHIPS | JAKARTA | Peningkatan keselamatan transportasi laut merupakan hal yang tidak dapat diabaikan. Peningkatan keselamatan transportasi laut juga merupakan keinginan bersama dunia sebagaimana dicerminkan melalui implementasi peraturan/regulasi IMO untuk memastikan keselamatan dan efisiensi transportasi manusia dan barang melalui laut. Kapal Non-Convention Vessel Standard (NCVS) tidak harus diperlakukan sama dengan dengan kapal konvensi lainnya. Kapal NCVS minimal harus diperlengkapi beberapa Alat Keselamatan Kapal Non-Convention Vessel Standard (NCVS) sebagai berikut :

Sekoci harus ditempatkan pada setiap sisi-sisi kapal NCVS, dan sekoci tersebut dapat diluncurkan dari kedua sisi kapal atau diterjunkan secara bebas, dapat meluncurkan sendiri dari buritan kapal atau tempat lain di kapal, dengan kapasitas kumulatif dapat menampung orang yang ada di atas kapal (sesuai dengan jumlah orang yang dapat diangkut kapal sesuai sertifikat), dan

Disamping sekoci, kapal NCVS juga harus dilengkapi dengan liferaft. Liferaft kapal NCVS harus dapat diluncurkan dari kedua sisi kapal dan kapasitas kumulatifnya dapat menampung jumlah orang yang ada di atas kapal (sesuai dengan jumlah orang yang dapat diangkut kapal sesuai sertifikat). Bila liferaft tidak dapat langsung diluncurkan dari kedua sisi kapal, maka kapasitas total yang tersedia di setiap sisi kapal harus cukup untuk dapat menampung jumlah orang di kapal.
Catatan :
“Capable of being launched on either side of the ship” and “can be readily transferred” atau “liferaft kapal harus dapat diluncurkan dari kedua sisi kapal” dan “liferaft kapal dapat segera dipindahkan” harus ditafsirkan bahwa “liferaft dapat disimpan dalam posisi sedemikian hingga dapat dipindahkan dari sisi yang satu ke sisi yang lain dengan mudah pada geladak terbuka yang sama levelnya”.

Aturan tersebut tidak bisa dipaksanakan. kita harus melihat kondisinya. Bilamana ukuran kapal atau konfigurasi kapal yang tidak memungkinkan, dll, karena kapal berkategori NCVS, misalnya dari kapal bisa dari jenis kapal kargo selain kapal tanker, maka sebagai penggantinya, kapal NCVS harus dilengkapi pada setiap sisi dengan “survival craft” yang dapat diluncurkan dari kedua sisi kapal dan kapasitas kumulatifnya dapat menampung jumlah orang kapal (sesuai dengan jumlah orang yang dapat diangkut kapal sesuai sertifikat). Namun perlu dicatat, salah satu atau lebih dari survival craft harus mempunyai kapasitas kumulatif dapat menampung setidaknya jumlah total orang di atas kapal dan dapat dengan mudah dipindahkan dari posisi penyimpanannya untuk kedua sisi kapal pada geladak terbuka yang sama.

Setiap sekoci dan survival craft harus dapat meluncur sendiri dengan alat launchingnya. Kapal yang beroperasi di perairan terbatas (biasanya ditetapkan sesuai dengan ketentuan Negara) dapat diusulkan digantikan dengan dengan pelampung atau lifebuoy yang cukup untuk menampung 100% dari jumlah total orang kapal. [Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc.]

Share Button

Comments

comments

Translate »