7 Makanan & 5 Minuman Yang Dipercaya Ampuh Mencegah Kanker

Makanan cegah kanker

| LAUTINDO | Kesehatan | Jakarta | Kanker menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakutkan semua orang. Ada yang langsung panik dan dan merasa hilang harapan ketika mendengar dirinya, kerabat, atau orang lain tersayang terkena penyakit kanker. “7 Makanan & 5 Minuman Yang Dipercaya Ampuh Mencegah Kanker”.

Kanker merupakan penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel-sel abnormal yang bisa membahayakan tubuh.

Faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker meliputi penuaan, merokok dan konsumsi alkohol berlebihan, paparan siar matahari, kegemukan, paparan bahan kimia berbahaya dan perokok pasif serta faktor genetika.

Meski faktor genetika adalah hal yang tidak bisa lagi diubah, namun kita masih bisa meminimalkan risikonya dengan gaya hidup sehat.

Sebelum terserang penyakit mematikan ini, ada baiknya kamu segera mengatur pola makan sehari-hari. Di bawah ini ada 7 makanan yang mampu mencegah terserang penyakit mematikan kanker.

1. Bawang putih

Kandungan pada bawang putih akan menghambat pertumbuhan kanker. Bawang putih kaya antioksidan yang bersifat antikanker. Kamu juga bisa makan bawang putih setiap hari dengan cara langsung dimakan atau dicampur dengan bumbu masakan. Tetapi, bawang putih nutrisinya paling baik dalam keadaan masih mentah.

2. Brokoli, kol, dan kembang kol

Kamu suka makan sayur gak? Demi mencegah kanker aktif dalam tubuhmu, kamu perlu makan sayur. Terutama sayuran yang memiliki kandungan fitonutrien, seperti brokoli, kol, dan kembang kol. Ketiga sayur ini efektif untuk mencegah segala jenis kanker.

3. Cabai

Cabai mengadung senyawa capsaicin yang dapat mentralisir pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Tapi jangan banyak-banyak makan cabai ya, nanti sakit perut.

4. Ubi jalar

Ubi jalar banyak ditemukan di daerah dataran tinggi. Ubi jalar banyak mengandung karbohidrat. Ubi satu ini juga memiliki antioksidan yang berperan mencegah sel kanker. Ubi jalar juga termasuk dalam salah satu pola makan untuk yang dapat mencegah penyakit kanker. Wah, pengganti nasi nih.

5. Kedelai

Kamu bisa mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tempe, tahu, sari kedelai, dan juga edamame (kedelai hijau). Selain protein, kedelai memiliki beberapa tipe phytoestrogen yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Kedelai bisa menghambat kanker payudara dan kanker prostat.

6. Tomat

Tomat salah satu jenis sayuran yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Tomat sangat efektif mencegah kanker, terutama kanker prostat.

7. Alpukat

Buah juga penting dalam pola hidup sehat. Buah Alpukat memiliki antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Konsumsi rutin yuk!

Mulai sekarang atur pola makanmu, makan buah, dan sayuran juga ya. Demi hidup sehat, kita harus rajin makan sayur dan buah.

 

Sebagian besar makanan yang mengandung antioksidan seperti vitamin A, C,D,E dan lainnya adalah pencegah kanker yang baik serta akan melindungi tubuh secara alami dan efektif.

Berikutnya adalah 5 minuman alami yang dipercaya mampu membantu mengurangi risiko kanker

1. Smoothie apel dan wortel

Wortel memiliki sifat merangsang pertahanan tubuh dan memberikan kontribusi yang besar untuk memerangi penyakit seperti kanker.

Wortel mengandung komponen yang disebut falcarinol, yang merupakan pencegah kanker yang efektif.

Di samping itu, apel beserta kulitnya juga mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang sangat bagus untuk mencegah penyakit ini.

Yang perlu dilakukan adalah haluskan wortel dan apel yang tidak dikupas dengan blender, lalu segera meminumnya.

2. Teh jahe

Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat menghancurkan sel kanker lebih efektif dari begitu banyak obat yang dibuat untuk kanker.

Cara membuat minuman ini adalah dengan mendidihkan secangkir air kemudian masukkan irisan tipis jahe, tambahkan jus lemon.

Angkat, diamkan 10 menit dan minum.

3. Air garam

Meskipun minum air asin memiliki efek samping pada kesehatan seperti dehidrasi, ternyata garam juga dapat melawan kanker dan memulihkan kesehatan tubuh.

Cara membuatnya, campurkan satu bagian air garam dengan lima bagian air putih lalu diminum langsung.

Untuk menambah rasa yang lebih lezat, bisa juga menambahkan lemon

4. Smoothie nanas dan jahe

Nanas mengandung enzim bromelain, yang memiliki kemampuan untuk mencegah kanker dan membantu mengurangi efek negatif kemoterapi dan radioterapi.

Meski nanas juga dihindari oleh ibu hamil karena berbahaya untuk janin, enzim yang terkandung di dalamnya dapat membunuh sel kanker tanpa mengganggu sel yang masih sehat.

Sementara itu, jahe juga memiliki sifat melawan kanker dan tumor.

Yang perlu dilakukan adalah menghaluskan nanas, jahe dan susu dengan blender lalu langsung diminum.

5. Smoothie pisang dan mangga

Kedua buah ini kaya akan sumber vitamin, mineral dan antioksidan.

Pisang mengandung mineral yang sangat sulit ditemukan dalam makanan lain.

Caranya mudah, cukup haluskan kedua buah dalam blender, tambahkan sedikit air dan madu sebagai pemanis.

*dari berbagai sumber, silahkan konsultasikan dengan dokter untuk konfirmasi lebih lanjut.

Share Button

Comments

comments

Translate »