promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Antisipasi Kebocoran Kemudi Kapal – LAUTINDO

Antisipasi Kebocoran Kemudi Kapal

Oil Spil Facts
Oil Spil Facts

| Lautindo | Opini | Thahir* | Kebocoran minyak hidrolis kemudi atau peralatan kemudi merupakan salah satu persoalan berat bagi penegakan hukum laut dengan konvensi MARPOL yaitu konvensi yang menekankan pada pencegahan adanya pencemaran minyak di laut dari kapal. Port State Control (PSC), sebuah badan yang ditunjuk oleh Negara untuk memeriksa kapal-kapal bendera asing biasanya memberikan kebijakan yang sangat ketat yaitu dengan zero leakage atau tidak boleh sama sekali terjadi kebocoran dari perangkat kemudi kapal. Memang hal ini adalah sulit sekali. “Antisipasi Kebocoran Kemudi Kapal”

MARPOL (Marine Polution) adalah sebuah peraturan nternasional yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pencemaran di laut. Setiap system dan peralatan yang ada di kapal yang bersifat menunjang peraturan ini harus mendapat sertifikasi dari klas.

Namun di beberapa Negara implementasi MARPOL atas bocornya minyak pelumas kemudi kapal ini masih ada yang lemah dan ada yang keras. Pertanyaannya bagaimana penerapannya dengan di Indonesia. Ibaratnya, kita harus mengaca pada diri sendiri, lautan Indonesia harus bersih terlebih dahulu baru PSC kita bisa melarang kapal-kapal asing yang mencemari lautan di Indonesia dengan sangsi atau enforcement yaity didenda dan ditahan. Bahkan bisa tercatat dalam daftar kapal-kapal yang ditahan. Demikian juga para marine inspector memberikan kebijakannya commite dalam memeriksa kapal berbendera Indonesia . Semoga ke depan kebersihan laut dari pencemar minyak kemudi dari kapal menjadi salah satu yang bisa diprioritaskan.

Di Negara-negara tetangga seperti Singapore atau Negara-negara luar negeri lainnya kapal-kapal kita yang mempunyai bisnis disana bila minyak kemudi mencemari lautannya bisa-bisa kapal kita didenda dan bahkan kapal kita bisa ditahan, harus diperbaiki dulu, karena kesalahan adanya kebocoran minyak kemudi kapal tersebut. Ini biasanya pada saat pemeriksaan yang dilakukan oleh PSCO (port state control officer).

Ke depan, mari kita bersama-sama sebagai masyarakat maritime Indonesia menjadikan perairan laut dalam wilayah territorial Indonesia ini bersih sebagai konsekwensi dari Indonesia yang sudah meratifikasi MARPOL 78/83. Kapal-kapal berbendera Indonesia dan kapal-kapal bendera asing yang beroperasi di wilayah perairan Indonesia akan diberlakukan yang sama dan tanpa membedakan dengan kapal bendera asing lainnya atas konvensi tersebut.

Kebocoran minyak dari perangkat kemudi merupakan salah satu masalah yang umum pada kapal. Sering kali kita hadapi, dan sering kita abaikan. Kebocoran ini biasanya berasal dari hasil sistem pengoperasian mesin kemudi yang yang digerakkan dengan membutuhkan minyak pelumas. terlepas dari itu semua. Disamping kebocoran ini akan mencemari lingkungan laut, kerusakan seal kemudi ini juga bisa menggganggu keselamatan kapal, sehingga tidak bisa ditawar-tawar lagi bahwa segala jenis kebocoran dari sistem perangkat kemudi harus segera diperbaiki. [*Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc. adalah Founder dari Thahir Maritime Center]

Share Button

Comments

comments

Translate »