promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon APTRINDO Sebagai Salah Satu Pilar Utama Pendukung Sistem Logistik Nasional – LAUTINDO

APTRINDO Sebagai Salah Satu Pilar Utama Pendukung Sistem Logistik Nasional

APTRINDO | ASOSIASI PENGUSAHA TRUK INDONESIA
APTRINDO | ASOSIASI PENGUSAHA TRUK INDONESIA

| Lautindo | APTRINDO | Jakarta | Besarnya jumlah truk di Indonesia, yang menurut data Kepolisian Republik Indonesia per Januari 2016 sudah jauh melebihi angka 5 juta unit trucks. Sementara Dinamisnya Peraturan dan perubahannya baik di tingkat pusat maupun di daerah membutuhkan sarana komunikasi sekaligus perwakilan untuk koordinasi antar Pengusaha Truck khususnya dan dengan pemangku kepentingan transportasi pada umumnya. Kebutuhan akan wadah komunikasi dan koordinasi mendorong Para Pengusaha Truck memebentuk Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (APTRINDO) atau Indonesian Trucking Association (ITA) yang berdiri pada tanggal 14 Oktober 2014. APTRINDO merupakan wadah aspirasi bagi para pengusaha dan pemangku kepentingan yang berkaitan dengan transportasi dan logistik di Indonesia. APTRINDO / ITA berdiri dan dibentuk oleh para praktisi yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidang terkait transportasi dan logistik. Ditambahkan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia, Drs. Gemilang Tarigan, MBA, bahwa APTRINDO ini adalah asosiasi Pengusaha Truk, jadi anggotanya Pengusahan Truk, jadi jika ada yang ingin bergabung kedalam asosiasi ini sesama pemangku kepentingan transportasi truk. “APTRINDO Sebagai Salah Satu Pilar Utama Pendukung Sistem Logistik Nasional”.

Truk merupakan bagian multi moda yang strategis digunakan, karena hampir keseluruhan angkutan akan terhubung dengan moda transportasi truck, baik melalui kapal laut, udara, maupun kereta api, selain direct point to point oleh truck itu sendiri.

Ketum APTRINDO, Drs. Gemilang Tarigan MBA.
Ketum APTRINDO, Drs. Gemilang Tarigan MBA.

Pak Ketum punya visi agar setiap truck yang beredar di Indonesia dapat terindentifikasi dan tervalidasi dengan baik dan benar, sehingga truck, pengemudi, maupun barang yang dibawa tidak bisa lagi menjadi bulan bulanan di lapangan. Terindentifikasi dan tervalidasi, diantaranya: data truck, data pengemudi, data barang yang diangkut, hingga mobilisasi lokasi truck, kesemuanya dapat dilihat dengan tepat dari dan dimanapun. Hal ini dapat diketahui dengan memasang On Board Unit (OBU) di masing masing trucks. Untuk mencapai visi tersebut, saat ini APTRINDO sedang menjalin kerjasama strategis yang komprehensif dengan Telkom untuk membangun mega data base, sehingga nantinya, setiap trucks yang beroperasi di Indonesia, dapat dilacak keberadaannya, kelengkapan dokumen truck, pengemudinya, jenis dan jumlah barang, hingga jalur mobilisasi semuanya tersedia, bahkan akan diupayakan, agar terintegrasi dengan surat jalan yang dikeluarkan masing masing Perusahaan / Pengusaha truck, sehingga dapat menekan penggunaan kertas / manual, yang berpotensi menekan biaya kertas dan pergerakkan kertas, juga menekan kekeliruan penulisan maupun kekeliruan pembacaan karena tulisan manual.

Kehadiran APTRINDO akan terus dikembangkan, baik secara keanggotaan, maupun aksi, kreasi dan inovasi yang dilakukan asosiasi, sehingga komunikasi, koordinasi, konsultasi dan advokasi sesama anggota dapat lebih intensif. Anggota menjadi lebih mandiri, lebih maju dan ber-etika dalam berusaha, baik dalam tingkat keselamatan dan keamanan dalam beroperasi, maupun secara dokumentasi.

Sesuai Visi APTRINDO menjadi asosiasi ynag profesional dan modern untuk menciptakan masyarakat truck yang maju dan sejahtera denga kekuatan Misi APTRINDO sebagai asosiasi dibidang angkutan barang yang berperan dalam pendistribusian barang logistik dan konsumsi, serta sebagai salah satu pilar utama pendukung sistem logistik nasional.

 

Share Button

Comments

comments

Translate »