promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Klausul Penting & Transparansi Charter Kapal Car Ferry – LAUTINDO

Klausul Penting & Transparansi Charter Kapal Car Ferry

truk naik kapal

| LAUTINDO | SHIPS | JAKARTA | Perlu kecermatan di dalam surat perjanjian atau Charter Party kapal car ferry, seperti yang akan dipergunakan untuk angkutan truk tronton jalur Jakarta-Surabaya. Perjanjian harus mencantumkan beberapa Klausul Penting & Transparansi Charter Kapal Car Ferry, diantaranya:

Bila Indonesia harus melakukan melalui pihak broker maka broker harus bersedia menyampaikan Nama dan alamat pemilik kapal (Shipowners) yang ada di luar negeri sebagai Pihak Pertama. Hal ini dilakukan untuk kepentingan penanda-tangan perjanjian.

Nama dan alamat penyewa kapal (Charterers), dalam hal ini adalah pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau badan usaha yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai Pihak Kedua. Oleh karena itu harus lebih berhati-hati dan penuh kecermatan karena mewakili negara.

Dengan mendasarkan studi kelayakan yang lengkap comprehensive serta memperhatikan resiko-resiko yang akan muncul, maka spesifikasi teknis kapal car ferry dimaksudkan serta data-data yang dibutuhkan seperti: ukurann utama kapal termasuk DWT, kapasitas car geladak kendaraan, kapasitas ruang penumpang, dan kapasitas ruangan-ruangan lain perlu diketahui, Data kedua mesin induk dan beberapa mesin bantu serta generatornya, jumlah pemakaian bahan bakar dan yang terhubung – termasuk didalamnya juga perlu diketahui.

Untuk pertanggung-jawaban ekonomis, maka perlu menentukan tempat pelabuhan dan waktu penyerahan kapal car ferry dan termasuk pengembaliannya serta tempat awal pemuatan dan pembongkaran, seperti truk tronton beserta muatannya.

Jenis dan ukuran kendaraan truk tronton yang akan diangkut berdasarkan Lawful Merchandise dan tujuan pencharter berdasarkan Lawful Trades.

Pencharter harus mengetahui ketentuan dan syarat-syarat pengangkutan dan tanggung jawab masing-masing pihak, sebagaimana disampaikan dalam tulisan sebelum ini.

Pencharter harus juga mengetahui batasan lalu lintas dan pelabuhan yang akan dimasuki. Prosedur serah terima surat pemberitahuan dari Nakhoda atau agen pemilik kapal kepada penyewa yang isinya antara lain siap bongkar / muat

Sewa charter dan syarat-syarat pembayarannya harus ditetapkan. Syarat-syarat lain mengenai syarat pembebasan dalam charter party dan syarat-syarat tambahan (additional clause).

Dengan klausul yang transparan, maka dapat disepkati untuk ditandatangani oleh kedua belah pihak di atas materai. Klausul Penting & Transparansi Charter Kapal Car Ferry. [Sjaifuddin Thahir – Praktisi Maritim Indonesia]

Share Button

Comments

comments

Translate »