Delegasi Perikanan Indonesia di IOTC la Reunion Perancis

Lautindo/La Reunion. The Indian Ocean Tuna Commission (IOTC) yakni sebuah badan dunia yang mengurusi Lautan Hindia kembali akan mengadakan  pertemuan tahunan di La Reunion Perancis. Delegasi kecil Indonesia akan dipimpin oleh Tony Ruchiat selaku Direktur SDI DJPT Kementerian Kelautan dan Perikanan RI. Tony didampingi oleh Saut Tampubolon, Payakun dari KKP serta Dwi Agus SP dari Asosiasi perikanan tangkap Indonesia.

Lautindo IOTC Saut dan Fayakunlautindo Saut dan Dwi

Saut Tampubolon, Fayakun dan Dwi yang merupakan anggota delegasi Indonesia ke IOTC

Dwi yang sehari-hari dalam pergaulan masyarakat perikanan dipanggil Black mengabarkan dari Perancis bahwa dia dan Saut serta Payakun sudah terlebih dahulu tiba di Perancis untuk berdiskusi dengan delegasi negara-negara lain terkait Scientific, Complain, and Finance sebelum konferensi resmi IOTC antar negara hari Senin (23/5).

Indonesia sebagai anggota resmi IOTC hadir bersama negara-negara yang berkepentingan dengan usaha perikanan tangkap di Samudera Hindia dimana setiap tahun diadakan pertemuan karena IOTC sendiri sudah merupakan bagian dari Badan Fangan PBB  yakni FAO. Dan Indonesia sangat berkepentingan dengan lautan Hindia sehingga harus aktif di IOTC. Tambah Dwi. Dan sejak tahun 2004, ATLI sudah diikutsertakan pemerintah sebagai anggota delegasi.

ATLI sebagai Asosiasi Pengusaha Tuna Indonesia beranggotakan 91 orang dari 37 perusahaan. Investasi ATLI selalu bertumbuh dengan baik, baik dalam hal Penangkapan Ikan maupun di Unit Pengolahan Ikan (UPI). Oleh karena itulah ATLI mampu memberangkatkan utusannya sebagai anggota delegasi RI.

Menurut catatan Dwi, ATLI memiliki 5 unit Kapal jaring dan 625 Kapal Tuna Long Line dan tangkap cumi. Dimana kapal – kapal tersebut berukuran di bawah 200 GT.

Terkait gonjang-ganjing peraturan menteri Kelautan dan Perikanan yang meresahkan sebagian masyarakat perikanan, Dwi menyatakan bahwa setiap peraturan memiliki nilai Plus dan minus sehingga dipastikan ada masalahnya.

 

Share Button

Comments

comments

Translate »