promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Denda Rp.2 Miliar Atau Segera Daftarkan Gudang [TDG] – LAUTINDO

Denda Rp.2 Miliar Atau Segera Daftarkan Gudang [TDG]

Gudang
Gudang Strategis

Lautindo | Jakarta | Dharma Hutauruk | Maraknya pemakaian Gudang yang disalahgunakan seperti diberitakan akhir-akhir ini membuat masyarakat menoleh kepada Kementerian Perdagangan. Kenapa bisa terjadi?
Kementerian Perdagangan dalam hal ini tidak mau disalahkan, sebab walau sudah ada Undang-Undang no. 7 tahun 2014 terutama Pasal 15 (5) Perdagangan, akan tetapi belum ada petunjuk pelaksanaannya. Demikian pula para pemilik Gudang yang tidak tahu bagaimana mendaftarkan Gudangnya, karena belum ada petunjuk yang akan diikuti. Denda Rp.2 Miliar Atau Segera Daftarkan Gudang [TDG].

Kementerian Perdagangan, yang dalam hal ini perlu melaksanakan Undang-undang ini memerlukan Payung hukum sehingga dilakukan diskusi intern dan ekstern yang juga melibatkan Perusahaan dan Lembaga, Asosiasi yang berkaitan dengan pergudangan dan logistik, sehingga pelaksanaannya adil bagi masing-masing pihak.

Dalam rancangan Peraturan Pemerintah disebutkan bahwa “Gudang adalah suatu ruangan yang tidak bergerak yang tertutup dan/atau terbuka dengan tujuan tidak untuk dikunjungi oleh umum, tetapi untuk dipakai khusus sebagai tempat Penyimpanan Barang yang dapat diperdagangkan dan tidak untuk kebutuhan sendiri”.Denda Rp.2 Miliar Atau Segera Daftarkan Gudang [TDG].

Yang dimaksud dengan Gudang Tertutup adalah Gudang yang merupakan bangunan tertutup yang menggunakan pendingin atau tidak menggunakan pendingin. Sedang Gudang Terbuka adalah adalah Gudang yang merupakan lahan terbuka dengan batas-batas tertentu. Denda Rp.2 Miliar Atau Segera Daftarkan Gudang [TDG].
Satu lagi “Gudang berbentuk Silo atau Tangki” adalah suatu ruangan tempat khusus untuk menyimpan barang dalam bentuk cair, gas, curah atau biji-bijian yang konstruksinya terbuat dari baja, besi, aluminium, beton atau dari kayu yang fungsi dan kekuatannya disesuaikan dengan karakteristik barang yang disimpan. Denda Rp.2 Miliar Atau Segera Daftarkan Gudang [TDG].
Berdasarkan diskusi yang dilakukan, maka Gudang dibagi Tertutup (A hingga C) berdasarkan ukuran luas dan volume, lalu Gudang terbuka (D) yang luasnya di atas 1.000 m2 dan kemudian Silo atau tangki.
Kepada pemilik Gudang yang terlambat mendaftarkan Gudangnya dikenakan denda bervariasi sesuai kelas nya. Setelah terlebih dahulu dikenakan Peringatan tertulis 2 kali, dan penutupan (Tidak ada pemasukan barang).
Dalam draf yang sedang disusun, Denda bagi Perorangan dan Perusahaan pemilik Gudang adalah sebesar Rp.2M. Denda Rp.2 Miliar Atau Segera Daftarkan Gudang [TDG].
Menanggapi Rancangan Peraturan Pemerintah yang sedang dalam penyusunan ini, Supply Chain Indonesia sudah meminta anggotanya memberikan masukan untuk diusulkan kepada pemerintah.
Beberapa masukan dan permasalahan antara lain:
1. Kurangnya Sosialisasi dan Pengendalian Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1965 dan Peraturan Menteri Perdagangan No. 16/M-Dag/PER/3/2006 tentang Penataan dan Pembinaan Pergudangan. Kendala yang dihadapi dilapangan, seperti kurangnya aparat yang melakukan pengawasan pergudangan, apakah benar bangunan itu diperuntukkan sebagai gudang (sesuai pemberitahuan perizinan, juga produk-nya) atau malah menjadi tempat yang tidak dinginkan, seperti tempat menumpuk barang selundupan atau barang curian. Sering terlihat, beberapa kompleks pergudangan yang pagarnya tinggi-tinggi yang tidak diketahui pasti apa aktivitas di dalamnya.
2.Di daerah memang belum ada semacam kunjungan / audit rutin dan terencana pihak terkait untuk memeriksa Tanda Daftar Gudang – TDG ke gudang-gudang, tetapi ketika mau mengurus IMB atau ijin2 seperti SITU dan HO ada yang menanyakan hal ini di Badan Penanaman Modal Daerah dan Perijinan Terpadu (BPMD-PT). Adajuga yang ketika mengurus TDG dimintain ijin HO, SIUP dan TDP. Bentuk TDG masing2 daerah pun berbeda beda.
3. Ada Perusahaan yang langsung mengurus namun terkendala masalah:

  • Pihak Aparatur Daerah belum familiar dengan Undang Undang ini, sehingga “berpotensi membuka” opsi amplop
  • Gudang Sewaan, kurangnya rasa memiliki dan kurang peduli
  • Gudang Bekas Pabrik; Pemilik “memanfaatkan” bekas pabrik, lumbung padi dan lainnya, yang diubah fungsi sebagai gudang.

Solusi yang coba ditawarkan antara lain:

  1. Sosialisasi yang lebih intesif dan berkelanjutan ke seluruh stake-holder pergudangan:
    PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN REPUBLIK INDONESIA 
    NOMOR : 16/M-DAG/PER/3/2006 TENTANG PENATAAN & PEMBINAAN PERGUDANGAN
  2. Pengawasan Pergudangan dan Aktifitasnya yang terencana dan rutin secara menyeluruh dan berkelanjutan
    Supaya jangan kena Denda Rp.2 Miliar Atau Segera Daftarkan Gudang [TDG]
    Dharma Hutauruk
Share Button

Comments

comments

Translate »