promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Eddy Julianto, “Dari 105 kapal Ikan, tinggal 16 Kapal yang beroperasi” – LAUTINDO

Eddy Julianto, “Dari 105 kapal Ikan, tinggal 16 Kapal yang beroperasi”

Perahu-nelayan-sedang-menepi-di-pantai-Ujung-GentengDirektur Utama PT. Bintang Mandiri Bersaudara, perusahaan yang sudah lama menjadi pemasok dan pengekspor Ikan Cakalang di Bitung, Sulawesi Utara menyampaikan keprihatiannya kepada Lautindo dalam pertemuan Gerakan Masyarakat Perikanan Nasional di Hotel Alia (14/3).

Perusahaan yang sudah beroperasi sejak orangtuanya berkembang pesat seiring kebutuhan ikan di dalam dan luar negeri, sehingga berhasil memiliki 105 kapal, yang terdiri dari kapal Penangkap ikan dan 22 kapal Penampung yang siap beroperasi di lautan Sulawesi Utara.

Dengan adanya berbagai peraturan yang diluncurkan Menteri KKP, hanya 16 Kapal jaring yang beroperasi sedangkan 9  kapal lainnya sedang mengurus izin yang bisa memakan waktu hingga 8 bulan.

Ketua Himpunan Pengusaha kecil Nelayan Bitung, Djefri Sagune menambahkan bahwa kehidupan anggotanya yang berjumlah lebih kurang 400 pengusaha kecil memang masih tetap bisa melaut, akan tetapi hasil yang diperoleh tidak sebanyak dulu, karena ikan yang ditangkap tidak lagi bisa diserahkan kepada Pemilik kapal  Penampung di tengah laut, dan harus melakukan penyerahan di Pelabuhan.

Waktu yang terbuang akibat pemberlakuan Peraturan Menteri ini lumayan banyak dan membuat sekitar 8.000 Nelayan ini banyak kehilangan kesempatan menjaring ikan lebih banyak.

Pemberlakuan peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan ini lah yang banyak dikeluhkan oleh Nelayan kecil dan pemilik Kapal penampung Ikan maupun penangkap ikan di Bitung, dan juga memancing protes dari Nelayan nelayan di  Tegal hingga Bali.

Tentu keluhan ini pulalah yang sampai ke istana Presiden, yang memaksa wapres mendiskusikannya dengan Menteri Susi Pujiastuti.

 

Share Button

Comments

comments

One thought on “Eddy Julianto, “Dari 105 kapal Ikan, tinggal 16 Kapal yang beroperasi”

  • March 30, 2016 at 12:55 pm
    Permalink

    Salah satu mahasiswa MBA ITB yang bernama Okki Hamdani, sedang melakukan penelitian tentang kebutuhan logistik halal yang bukan lagi berbicara produk halal tetapi bagaimana produk dikirim atau diangkut, disimpan, dan ditampilkan sesuai dengan prinsip-prinsip halal.

    Salah satu pertanyaan mendasar adalah tentang pandangan masyarakat Indonesia terhadap perlu tidaknya logistik halal ini.

    Mohon bantuan rekan-rekan untuk dapat mengisi kuesioner atau angket di bawah ini.

    http://goo.gl/forms/O5NfMvqvJb

    Terimakasih atas perhatiannya.

    Salam,
    TMS

Leave a Reply

Translate »