Energi Terbarukan Maritim (ETM), Siapa Tertarik

 PLTMH Silangkitang
| LAUTINDO | Energi | Jakarta | Semua gerakan adalah energi. Pasang surut laut, gelombang laut, dan arus sungai dan danau semuanya mengandung energi kinetik dan potensial yang dapat digunakan untuk menggerakkan turbin dan menghasilkan listrik, sehingga mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. “Energi Terbarukan Maritim (ETM), Siapa Tertarik”.

Perbedaan salinitas (kadar garam) dan suhu yang terjadi di badan air juga mampu menciptakan kekuatan dinamis yang dapat digunakan untuk menghasilkan Energi.

Berbagai bentuk energi terbarukan maritim ini akan tersedia selama adanya pasang surut dan gelombang laut, dan sungai-sungai dan danau terus mengalir.
Indonesia sebagai negara kepulauan, negara maritim, memiliki potensi energi terbarukan maritim yang sangat melimpah. Perairan lepas pantai Indonesia kaya dengan sumber energi gelombang dan energi pasang surut, juga dengan panjang dan besarnya sungai sungai bahkan danau yang dimiliki, seperti di Kalimantan dan Sumatera, dan ditempat lainnya.
Energi Terbarukan Maritim Indonesia sangat dibutuhkan untuk kemandirian energi sekaligus pelestarian lingkungan dan juga kepedulian terhadap bumi.

Dibutuhkan berbagai masukan, pembangunan dan pengembangan sumber sumber Energi Terbarukan Maritim Indonesia.

Bagaimana kita?

Share Button

Comments

comments

Translate »