Forum Kemaritiman Sarana Komunikasi Industri Maritim

JSMES - Organizational chart
JSMEA – Organizational chart

| Lautindo | Forum Maritim | Jakarta | Forum Maritim sangat intens dilakukan beberapa kali belakangan ini, baik oleh pelaku bisnis lokal, Pemerintah, maupun pelaku bisnis international. Forum Kemaritiman Sarana Komunikasi Industri Maritim.

Salah satu yang baru terjadi adalah Forum Maritim yang digagas oleh Asosiasi Pelaku Bisnis Maritim dari Jepang, yaitu JSMEA, Japan Ship Machinery & Equipment Association, Business Matching Forum di Jakarta, yang didukung dan dihadiri oleh utusan Pemerintahan Jepang.

Forum maritim ini merupakan inisitif Jepang, yang ingin mendapatkan langsung informasi dan juga potensi bisnis sekaligus sebagai sarana komunikasi langsung, sehingga bila ada pertanyaan maupun kendala – masalah di industri permesinan dan peralatan perkapalan, maka akan dapat ditanyakan langsung untuk mendapatkan solusi maupun inovasi.

Jepang melalui JSMEA memandang Indonesia sebagai pasar sekaligus mitra yang sangat penting dalam melestarikan, mengembangkan dan juga inovasi di industri mesin dan peralatan perkapalan. Sekitar 60% – 70% mesin dan peralatan. komponen kapal Indonesia, masih dibuat oleh Jepang, jadi hal ini perlu diberikan perhatian serius, baik bagi unit baru, perbaikan maupun inovasi dan pengembangan mesin dan peralatan perkapalannya.

Selain Forum Bisnis Kemaritiman, kedepan JSMEA akan melanjutkan dengan mengadakan training, workshop – seminar, sharing dan transfer pengetahuan, yang merupakan keuntungan sekaligus keterikatan industri maritim Jepang dan Indonesia. Sehingga keterikatan dan pengembangan sekaligus inovasi industri permesinan dan peralatan perkapalan akan terjadi secara terus menerus berkesinambungan, mengikuti dan juga mengarahkan kebutuhan industri itu sendiri.

Untuk diketahui, Asosiasi Perusahaan Permesinan & Peralatan Perkapalan Jepang (Japan Ship Machinery & Equipment Association- JSMEA, badan nirlaba) merupakan asosiasi yang diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam memproduksi, perbaikan dan penjualan mesin penggerak (propeler) kelautan dan berbagai mesin kapal tambahan seperti pompa, kompresor udara, pemurni minyak, penukar panas, kargo dan tambatan derek, hoist, crane dek, gigi kemudi, alat bantu navigasi, perlengkapan dan aksesoris, yang beranggotakan total 249 anggota perusahaan reguler dan 66 organisasi anggota pendukung. (Per Maret 2016 – jsmea.or.jp)

 

 

Share Button

Comments

comments

Translate »