Damen Sajikan Proyek ‘Gone With The Wind’

Validation of Wind Loads on a Slender Vessel using CFD by DAMEN & NUMECA

| LAUTINDO | Ships | International | Pada konferensi yang diselenggarakan oleh Numeca International (14/11), Marco Bovio, Senior Research HYDROMEChanics Engineer di Damen, mempresentasikan rincian penelitian internal proyek berbasis CFD ‘Gone With The Wind’ (GWTW). “Damen Sajikan Proyek ‘Gone With The Wind”.

Selama dua tahun terakhir DAMEN telah melakukan review terhadap teknologi CFD dan penerapannya di industri maritim, dan GWTW telah menangani satu aspek spesifik dari hal ini. Tujuannya, untuk melihat kemampuan CFD untuk secara akurat memodelkan kekuatan aerodinamis yang bekerja pada kapal di atas permukaan air, sebagai analisis terpisah terhadap studi CFD yang berfokus pada interaksi yang terjadi di bawah permukaan air.

Isu spesifik yang dibahas adalah tantangan untuk memenuhi persyaratan peraturan IMO 749.18. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kapal memiliki stabilitas transversal yang cukup untuk menahan over-rolling di angin sisi yang parah, namun aturan umum yang biasa diajukan oleh Badan Klasifikasi adalah konserfatif, yaitu yang mencakup keseluruhan desain kapal. Hal ini menyulitkan kapal-kapal yang ramping dan panjang untuk memenuhi persyaratan empiris peraturan tersebut tanpa melakukan eksperimen yang ekstensif dan mahal.

Hal ini berdampak langsung pada waktu yang dibutuhkan dan biaya untuk memperoleh sertifikasi untuk kapal seperti Damen’s Monohull Fast Crew Suppliers (FCS) dan variannya. Biasanya, data harus dikumpulkan dari penilaian fisik dengan menggunakan model skala di tangki penarik dan terowongan angin. Tujuan proyek GWTW adalah mengembangkan metodologi CFD untuk menggantikan penilaian fisik kapal seperti rentang FCS Damen yang akan menunjukkan kesesuaian dengan kepuasan badan klasifikasi. Pada saat bersamaan, bagi DAMEN dan kliennya, hasil yang sukses harus menghasilkan penghematan waktu dan biaya, sehingga metodologi juga harus meminimalkan biaya komputasi dan waktu penyelesaian.

GWTW memiliki dua elemen utama. DAMEN telah mengembangkan metodologi CFD dalam kemitraan dengan Numeca sementara pada saat yang sama melakukan tes fisik yang diperlukan untuk memvalidasi dan memverifikasi perhitungan CFD, dengan menggunakan model skala 1:18 dari Damen’s FCS 3307.

Model ini telah dievaluasi dalam sebuah terowongan angin dari berbagai sudut sementara perangkat lunak komputasi telah dikonfigurasi untuk mereproduksi kondisi di terowongan angin hingga tingkat akurasi yang tinggi. Simulasi menggunakan FCS 3307 kemudian dijalankan dengan menggunakan dua model matematika CFD yang terpisah; URANS dan DES, untuk menentukan keampuhannya dan membandingkannya dengan temuan program pengujian terowongan angin.

Singkatnya, model CFD telah mereproduksi percobaan terowongan angin dan peralatan terowongan dengan tingkat akurasi yang tinggi di berbagai kondisi simulasi dan mencapai korelasi yang baik untuk kekuatan dan momen pada berbagai sudut pandang dan heeling. Pekerjaan sekarang sedang dilakukan untuk menyesuaikan metodologi ini dengan prediksi skala penuh, dengan hanya sedikit perubahan yang diantisipasi. Sementara itu, aktivitas paralel saat ini sedang dilakukan untuk melakukan validasi CFD pada bagian penelitian hidrodinamik, yang akan melengkapi demonstrasi bagaimana kapal jenis ini mencapai stabilitas transversal yang diperlukan untuk menahan putaran yang berlebihan pada angin di sisi yang parah, dan jadi memenuhi tuntutan regulasi.

Tujuan akhir dari proyek ini adalah untuk menyajikan prosedur penilaian virtualisasi sepenuhnya kepada Perhimpunan Klasifikasi agar hal ini berlaku umum untuk tujuan kepatuhan. [portnews.ru]

Share Button

Comments

comments

Translate »