promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon HKBP Undang Presiden Merayakan Paskah di Tarutung – LAUTINDO

HKBP Undang Presiden Merayakan Paskah di Tarutung

|Lautindo|Presiden|Jakarta – Pucuk Pimpinan Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) mengundang Presiden Jokowi dan Ibu Iriana untuk menghadiri Perayaan Paskah di Pusat Kristen Batak Tarutung, Sumatera Utara pada bulan April mendatang dan undangan ini merupakan simbol. “Kamiet mendukung pemerintah dan pemerintah mendukung kami, sehingga gereja dan pemerintah dapat berkomunikasi dan berhubungan dalam berbagai hal, termasuk dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucap Pendeta Darwin Lumbantobing, Ephorus HKBP seusai diterima oleh Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Senin 27 Maret 2017.
Presiden Joko Widodo menerima Pengurus Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) didampingi Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara itu,Ephorus HKBP Darwin Lumbantobing didampingi oleh Praeses (Pimpinan wilayah) Jakarta Pendeta (pdt). Midian K.H. Sirait, Praeses Depok, Bogor, dan Kalimantan Barat Pdt. Berlin Tamba, Praeses Banten Pdt. Robert Pandiangan, Praeses Bekasi Pdt. Banner Siburian, Kepala Departemen Marturia HKBP Pdt. Anna Pangaribuan, Kepala Biro Perencanaan Pdt. Sumurung Samosir, Anggota Badan Usaha HKBP Bepos M.T. Pakpahan, Sekretaris Ephorus  Pdt. Alter Siahaan, dan Pdt. Gomar Gultom yang juga Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) .
Setelah pertemuan, Ephorus HKBP Darwin Lumbantobing mengatakan bahwa HKBP menyampaikan apresiasi kepada Presiden dalam mengayomi kehidupan berbangsa dan bernegara yang terdiri dari berbagai etnis. “Sehingga menjadi amat kondusif dan lebih maju ke depan,” ucap Darwin. Selain memberikan apresiasi, Pucuk Pimpinan HKBP juga menjelaskan program HKBP tahun 2017 dalam bidang kependidikan dan pemberdayaan kepada Presiden. “Kami telah menyampaikan beberapa hal, bahwa ada upaya meningkatkan dan mengefektifkan di bidang pendidikan dan pemberdayaan SDM, sehingga lebih efektif, berkualitas dan lebih maju. Kami juga merasakan HKBP tidak dapat berjalan sendiri,” kata Darwin.
Darwin mengharapkan  dukungan dari pemerintah sehingga HKBP dapat meraih kejayaan di bidang pendidikan secara institusional. “Secara spirit kami akan selalu berkomunikasi dengan pemerintah pusat agar bantuan uluran tangan dapat terealisasi secara konkret. Presiden juga mengharapkan bahwa kami sebagai pimpinan gereja supaya berperan aktif dalam upaya memajukan peran serta gereja dalam pemerintah,” ujar Darwin.
HKBP merupakan organisasi keagamaan ketiga terbesar di Indonesia setelah NU dan Muhammadyiah. Jemaat HKBP yang ditandai dengan Gereja-gereja HKBP menempati NKRI mulai dari Banda Aceh hingga Jayapura dengan anggota lebih dari 3 juta jiwa. Di Luar Negeri, Jemaat HKBP juga sudah berdiri lama di Singapura dan New York. Oleh karena itu ada pemeo yang mengatakan bahwa kemana pun orang Batak merantau, dia membawa Salibnya.
Gereja yang berazaskan kesukuan (aBatak) ini sudah berdiri sejak tahun 1861 tatkala beberapa orang Batak dibabtis di Sipirok, Tapanuli Selatan. Kemudian, Organisasi Gerejawi ini mendirikan Gereja pusat dan kemudian kompleks perkantoran Pusat di sebuah perbukitan di Pearaja, Tarutung, Sumatera Utara.
SMA HKBP Tarutung 1

Gedung SMA HKBP di perbukitan Tarutung yang sudah berusia lebih dari setengah abad (berdiri tahun 50-an) mengharapkan perhatian Anggota jemaat HKBP dan para Alumni serta Pemerintah (foto:SiAtasBarita)

Disamping memiliki TK, Sekolah dasar dan Menengah di berbagai kota, HKBP pun memiliki Universitas terkemuka di Sumatera Utara, yakni Universitas HKBP Nommensen yang memiliki 2 buah kampus besar yakni di Medan dan di Pematang Siantar. Disamping STT di Pematang Siantar, juga diadakan Sekolah Pendeta di Seminari Sipoholon yang diperuntukkan bagi Pemimpin jemaat yang ingin melanjutkan kuliah setelah berpraktik beberapa tahun di gereja.
Share Button

Comments

comments

Translate »