promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Indonesia dan Norwegia Miliki Tradisi Negara Perikanan – LAUTINDO

Indonesia dan Norwegia Miliki Tradisi Negara Perikanan

lembata surga bagi pemancing ikan| LAUTINDO | PERIKANAN | Internasional | Sumberdaya perikanan laut mempunyai sifat yang spesifik yang dikenal dengan akses terbuka (open access) yang memberikan anggapan bahwa setiap orang atau individu merasa memiliki sumberdaya tersebut secara bersama (common property), oleh karena sifatnya yang demikian maka semua individu baik nelayan maupun pengusaha perikanan laut akan merasa mempunyai hak untuk mengeksploitasi sumberdaya laut sesuai dengan kemampuan masing- masing baik secara pribadi, institusi – lembaga, negara, maupun kerjasama antar negara, dibutuhkan stakeholder yang berkewajiban untuk menjaga kelestariannya. Di satu pihak masing- masing akan berusaha untuk memaksimumkan hasil tangkapan, di lain pihak masing-masing mempunyai insentif untuk mempertahankan ataupun meningkatkan kelestarian sumberdaya dan potensinya. “Indonesia dan Norwegia Miliki Tradisi Negara Perikanan”.
Indonesia dan Norwegia memiliki tradisi panjang sebagai negara perikanan, sehingga wajar bila perikanan menjadi sektor utama kerjasama kedua negara. Dimulai dengan nota kesepakatan (letter of intent) antara Kementerian Luar Negeri Norwegia dan Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) Indonesia pada tahun 2006, program perikanan Indonesia dan Norwegia sudah berjalan sejak tahun 2010, dengan penekanan pada pengelolaan stok perikanan tangkap (wild fish stocks) dan budidaya perikanan laut.
Indonesia memiliki sumber daya wilayah laut terbesar di dunia, yang masih lestari dan sangat cocok untuk budidaya perikanan laut.
Berdasarkan pengalaman Norwegia dalam produksi ikan salmon khususnya, Norwegia berbagi pengetahuan tentang cara memilih lokasi untuk budidaya ikan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, kesehatan ikan dan diagnostik penyakit, dan praktik terbaik dalam pengelolaan dan pengoperasian budidaya ikan laut. Sebagian dari bantuan ini ditujukan untuk membantu mengembangkan praktik budidaya perairan yang baik di peternakan ikan percontohan KKP di Balai Perikanan Budidaya Laut Batam, yang nantinya akan menyalurkan pengetahuan.
 
Sarpras Pendukung Produksi Kelautan dan Perikanan
Sarpras Pendukung Produksi Kelautan dan Perikanan

Dua per tiga dari wilayah Indonesia merupakan wilayah perairan laut yang dihuni oleh stok ikan yang dapat ditangkap secara berkelanjutan di level 6,5 juta ton per tahun. Namun sebagian besar stok ikan ini sudah dieksploitasi berlebihan, sehingga mengancam keberlanjutan dan keanekaragaman hayati. Tata kelola perikanan dan sumber daya yang baik merupakan dasar yang sangat penting bagi Indonesia untuk dapat menjaga sektor perikanan yang berkelanjutan dan mencegah praktik perikanan ilegal, tidak dilaporkan dan tidak diatur (IUU fishing). melalui program perikanan ini, Norwegia memberikan peningkatan kapasitas dalam hal pemeriksaan stok ikan dan pemanfaatan data untuk membuat kebijakan yang baik di sektor perikanan.

 
Norwegia berbagi pengetahuan tentang cara memilih lokasi untuk budidaya ikan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, kesehatan ikan dan diagnostik penyakit, dan praktik terbaik dalam pengelolaan dan pengoperasian budidaya ikan laut.
Sangat disadari, pengembangan potensi perikanan dan kelautan untuk terus dikembangkan, baik secara perikanan  tangkap maupun perikanan budidaya, dengan menggunakan teknologi yang canggih dan ilmu pengetahuan yang ramah dan peduli lingkungan.

Comments

comments

Translate »