promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Indonesia Poros Maritim Dunia, Potensi sekaligus ANCAMAN – LAUTINDO

Indonesia Poros Maritim Dunia, Potensi sekaligus ANCAMAN

Maritime Fulcrum Poros Maritim

Indonesia dengan lautnya yang luas memiliki kekayaan sekaligus keunikan, dengan suhu yang cenderung stabil sehingga kaya akan sumber daya dan biota laut. Indonesia dengan lautnya yang strategis, sebagai sumbu lalu lintas laut dunia (poros maritim), menjadi bertambah strategis dengan diaktifkan dan dikembangkannya lagi jalur perdagangan China, Silk Road Economic Belt dengan One Belt One Road nya (OBOR), sehingga menjadikan Indonesia semakin bertambah penting dalam menunjang dan mengeksplorasi sekaligus mengamankan lalu lintas perdagangan dunia Timur Barat, maupun Utara Selatan.

Kondisi laut yang terbuka menempatkan berbagai jenis (potensi) ancaman yang ada di laut Indonesia, mulai dari kerusakan lingkungan, penyerobotan wilayah, kapal ilegal, tenaga Kerja Ilegal, dan potensi ancaman lainnya, perompakan, pembajakan, penyelundupan, maupun penangkapan dan atau penyelundupan ikan secara ilegal. Ditambah lagi, saat ini koral laut Indonesia banyak yang rusak akibat penjarahan, dan polusi transportasi laut, sehingga perlu dicarikan solusi bersama agar bisa mempertahankan dan mengembangkan kehidupan terumbu karang sebagai tumbuh kembangnya kelautan kita.

Demi menjaga dan memberdayakannya, diperlukan pengaman yang terintegritas dan komprehensif, agar kedaulatan Indonesia, diakui dan disegani, yang menjadi modal utama untuk dapat diakui sebagai operator sekaligus regulator Poros Maritim Dunia. Indonesia harus bisa meningkatkan hubungan, menyebarkan gagasan, dan melontarkan inisiatif terwujudnya U-shape line area sebagai zona ASEAN dan China SPR (strategic petroleum reserve) dan terciptanya ASEAN-China Maritime Security Initiative pada pengawasan dan patroli laut-udara di Laut Cina Selatan.

 

Share Button

Comments

comments

Translate »