Kejar Adaptasi 4.0; Pemerintah Anggarkan Lebih Dari 50T

Luhut 4,0

| LAUTINDO | Maritim | Medan | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan menyampaikan, pemerintah telah menyiapkan anggaran lebih dari Rp 50 trilyun untuk mengirim mahasiswa lulusan strata 1 ke universitas-universitas terkemuka di seluruh dunia, hal itu dikarenakan pemerintah akan fokus kepada penyiapan SDM yang mampu berkompetisi secara aktif dalam menghadapi revolusi industri 4.0. “Kejar Adaptasi 4.0; Pemerintah Anggarkan Lebih Dari 50T”.

“Tahun lalu 46 trilyun rupiah anggaran Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mengirim lulusan mahasiswa S1 ke luar negeri. Puluhan ribu mahasiswa S1 kita dikirim ke universitas top-top di dunia. Untuk tahun ini anggarannya lebih dari 50 trilyun rupiah. Indonesia perlu mengejar ketertinggalan dalam adaptasi industri 4.0, pemerintah juga mempunyai strategi pembangunan berfokus kepada penciptaan daya saing,” ujarnya di hadapan para mahasiswa dan mahasiswi Universitas Sumatera Utara (USU), Medan (18/2).

Adapun berbagai strategi yang telah disusun oleh pemerintah dalam menghadapi era Industri 4.0 antara lain: fokus mendorong pengembangan kreativitas, pengurangan materi pengajaran untuk melatih keahlian pada bidang pekerjaan yang bersifat rutin dan monoton, serta pengenalan aplikasi teknologi sejak dini, terutama terkait implementasinya dalam meningkatkan kualitas hidup.

“Upaya yang akan dilakukan pemerintah adalah, terus memberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keahlian dalam penguasaan teknologi dan pengembangan keahlian pada industri-industri hospitality seperti pada sektor pariwisata,” kata Menko Luhut.

 

Share Button

Comments

comments

Translate »