KEWIRAUSAHAAN SOSIAL

Screen Shot 2016-04-07 at 2.06.57 PM

Lautindo | Inspirasi | Kewirausahaan sosial memainkan peran penting yang unik dalam menciptakan perubahan dunia. Mereka dibedakan dari para pemimpin lainnya dengan fokus jangka panjang mereka menciptakan perubahan besar-besaran secara sistemik. Jenis perubahan yang mereka rekayasa, seringkali sulit untuk diukur. Banyak metodologi yang dirancang untuk menilai dampak pada organisasi sektor komunitas warga saat ini yang fokus pada angka yang mudah-dikuantifikasi seperti rasio keuangan atau output program. Sistem kewirausahaan yang sederhana namun begitu bertenaga untuk meningkatkan ekonomi berkelanjutan yang menciptakan stabilitas keuangan dengan daya ‘transaksional’ dalam komunitas dari waktu ke waktu, membuat kewirausahawan social menjadi patut dicermati.

Beberapa fakta kewirausahaan sosial yang mengubah dunia;

  • Mohammed Yunus dan Grameen Bank diganjar dengan memenangkan hadiah Nobel Perdamaian
  • Bill Gates mengumumkan ia menggeser prioritas dari pengembangan perangkat lunak untuk dampak sosial dengan mencurahkan perhatiannya untuk yayasannya, gatesfoundation.
  • Tahir Foundation adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Dato ‘Sri Prof Dr Tahir, Pemilik Mayapada Group, memiliki visi menjadikan Indonesia yang lebih baik di mana setiap individu memiliki akses ke pelayanan kesehatan dan Pendidikan yang baik dan memadai untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa.
  • Ada survey yang menyatakan, Civic Ventures baru-baru ini merilis survei yang menemukan sebagian besar peserta survey yang masih muda dan usia produktif mengatakan bercita-cita untuk membantu orang lain. Sementara itu, The Bridgespan Group, menerima 1.800 aplikasi untuk konsultasi organisasi nirlaba dan filantropi.

Masih banyak lagi ide dan usaha sosial yang mampu mengubah dunia menjadi lebih baik lagi, dari individu-individu yang luar biasa di seluruh dunia, J.B. Schramm, telah membantu ribuan siswa SMA berpenghasilan rendah masuk ke perguruan tinggi. Veronica Khosa (Afrika Selatan), mengembangkan model perawatan berbasis rumah untuk pasien AIDS yang mengubah kebijakan kesehatan pemerintah. Fabio Rosa membantu membawa listrik ke ratusan ribu penduduk pedesaan terpencil di Brasil.

Semoga menjadi inspirasi bagi kita untuk menjadi pribadi-pribadi luar biasa yang mau dan mampu mengubah dunia dengan kreasi sederhana bernama kewirausahaan sosial.

Share Button

Comments

comments

Translate »