Lloyd Register Wariskan Data Kapal

229-75153_corporate_site_logo| Lautindo | Opini | Thahir* | Badan klasifikasi Lloyd Register merupakan badan klasifikasi tertua dan yang pertama kali memberikan sajian untuk data-data kapal yang pernah dibangun dan didaftar dari awal berdirinya dalam buku register yang dapat diakses dan dicari secara online. Lloyd Register Wariskan Data Kapal

Dalam situs Lloyd Register, dapat dilacak – ditemukan Buku Register LR dari kapal yang pertama kali dibangun dan didaftar sampai dengan tahun 1899 telah dibantu scanning oleh Googlebook dan dimasukkan dalam Internet Archive. Buku Register LR digital tersebut dapat dicari dengan cara memasukkan data nama kapal, bahkan nama kapten kapal, nama pemilik kapal atau galangan pembangun.

Namun perlu menjadi catatan bahwa hanya kapal dengan tahun pembangunan atau didaftar antara 1893-4 dan 1896-9 disajikan dalam lampiran terpisah dan belum tersedia secara online.

Untuk kapal-kapal yang telah dibangun dan didaftarkan dalam badan klasifikasi LR antara tahun 1930-1945 telah dibuat secara digital bersama dengan proyek LR yang diberi nama “Proyek Data Kapal Plimsoll” yang dikerjakan oleh Perpustakaan kota Southampton – England – UK dan sebagai salah satu bentuk layanan Arsip dan Warisan LR untuk pusat pendidikan Lloyd Register dan masyarakat maritime dunia.

Sedangkan kapal-kapal yang lebih tua lagi didaftarnya dalam Register Buku LR yaitu antara 1764-1766, oleh LR dibuat dalam format PDF. Kapal-kapat tersebut ditampilkan dalam urutan sesuai dengan abjad dari nama kapal.

[*Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc. adalah Founder dari Thahir Maritime Center]

Share Button

Comments

comments

Translate »