Luhut, “Sail Sabang Harus Sukses Dan Menarik Wisatawan”

Luhut meninjau kantor BMKG|Lautindo|Maritim|Jakarta – Menteri Kordinator bidang kemaritiman merasa perlu untuk mempertegas apa yang sudah diberitakan media tentang rencana penyelenggaraan “Sail Sabang”.

Baca :  SAIL SABANG 2017, “Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional”

Dalam penjelasan tertulisnya, Luhut menjelaskan bahwa dalam rapat tersebut dia menyampaikan beberapa hal. Antara lain mengenai Sail Sabang yang akan diadakan di Pulau Weh, Nanggroe Aceh Darussalam pada 28 November hingga 5 Desember 2017 mendatang. “Pada kesempatan tersebut saya meminta kepada penyelenggara untuk bekerja keras demi suksesnya acara tersebut.”

Dalam rakor tersebut Luhut juga menyampaikan ketidakpuasannya terhadap penyelenggaraan acara tahunan ini pada hal sudah berlangsung setiap tahun sejak  Sail Bunaken yang diselenggarakan tahun 2009.

“Sudah banyak pengalaman. Mestinya dari pengalaman ini kita bisa persiapkan lebih bagus. Saya lihat di Kalimantan Barat (yang dikenal dengan Sail Karimata) kurang tertata dengan baik. Oleh karena itu saya mau kali ini (Sail Sabang) secara detil,” Lanjut Luhut. Demikian dia sampaikan kepada peserta rapat, mengingat Sail Sabang ini adalah acara yang diselenggarakan untuk ke delapan kalinya.

“Pengalaman saya lihat di Kalbar (Sail Karimata), di Kayong Utara, menurut saya, kampungan, enggak rapi. Tidak sepantasnya Presiden di sana.” Pernyataan tersebut merujuk kepada kurang rapinya penyelenggaraan acara Sail Karimata tahun 2016 tersebut, bukan lokasinya.

Agar tidak mengulangi kesalahan yang sama, acara Sail Sabang 2017 harus dilakukan dengan persiapan pelaksanaan sejak jauh-jauh hari. Dalam kurun waktu yang tinggal tujuh bulan ini, semua pihak terkait harus bekerja maksimal, dan tidak boleh santai.

“Saya harap, rapat berikutnya semua tergambar. Saya minta, panitia putuskan minggu depan, paparkan ke saya. Kedua, kita siapkan yang di sana. Item-nya apa aja, objek turisnya mana aja. Jangan asal aja. ”
Semoga tidak ada lagi kesalahpahaman terhadap pernyataan-pernyataan saya dalam rapat tersebut.

“Teguran dan peringatan tersebut saya sampaikan dalam Rakor tersebut demi kebaikan dan kesuksesan penyelenggaraan acara Sail Sabang maupun acara-acara sejenis lainnya.” Demikian Menko Kemaritiman kepada Lautindo.

Belum diperoleh penjelasan pertanggungjawaban penitia Sail Karimata, sehingga bisa menjadi perbandingan bagi panitia tahun ini.

Share Button

Comments

comments

Translate »