promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Masih dibutuhkan Kampanye Pemanfaatan Kapal RoRo Untuk Angkutan Barang – LAUTINDO

Masih dibutuhkan Kampanye Pemanfaatan Kapal RoRo Untuk Angkutan Barang

|lautindo|Transport|Jakarta – Hingar bingar angkutan barang dan penumpang sudah mulai walau pun Lebaran masih cukup jauh. Bahkan Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sudah memanggil stake holder transportasi seperti Aptrindo, INSA, ALFI dan Organda untuk membicarakan Pengangkutan Penumpang dan Barang, baik melalui darat, laut dan Udara.
Pihak KAI pun terus mengumumkan ketersediaan kursi Kereta Api, dimana tiket sudah ludes beberapa waktu yang lalu.
Terkait Angkutan Barang, maka di musim lebaran tahun lalu sudah diperkenalkan kapal roro untuk mengangkut barang antara Tanjung Priok – Pelabuhan Panjang (Lampung) pulang dan Pergi. Lautindo belum berhasil mengetahui kelanjutan proyek ini, namun Budi Wiyono selaku Direktur Eksekutif ALFI dalam jawaban terutlisnya kepada Lautindo mengatakan bahwa anggota ALFI hanya sekali memanfaatkan nya karena berbagai alasan.
Menyambut gagasan Pemerintah untuk memanfaatkan kapal RoRo untuk pengganti angkutan darat jarak jauh, yakni Tanjung Priok – Tanjung Perak, Surabaya, Budi menyampaikan beberapa hal yang mesti diperhatikan pengelola agar para Pengusaha Angkutan barang dan pemilik barang memanfaatkan fasilitas tersebut. Selengkapnya sebagai berikut:

Pelayangan angkutan barang/petikemas dengan truk lalu menggunakan RO-RO (Roll On – Roll Off) pada jalur Panjang-Tanjung Priok hanya berjalan satu kali karena rendahnya peminat. Pada awal operasinya memang anggota ALFI yang pernah memanfaatkan sarana angkutan penyeberangan ini, tapi forwarder tidak berminat lagi karena dalam ongkosnya tidak jauh berbeda dengan langsung diangkut dengan truk melalui jalan raya.
Pengiriman melalui RORA malah lebih lambat karena kapal RO-RO harus melalui proses clearance yang rumit seperti kapal niaga, sehingga pengeluaran truknya memakan waktu lama. Selain itu, RO-RO mestinya tidak memerlukan sarana pelabuhan seperti kapal niaga, biaya dermaga, biaya pandu dll.
Bagi ALFI dan anggotanya, yang penting pengiriman barang melalui RO-RO lebih mudah dan lebih murah dari pada diangkut dengan truk jarak jauh.

Kyatmaja Lookman dari Aptrindo beberapa hari lalu mengusulkan Angkutan Barang melalui kapal RORO hanya mengangkut bak truk agar lebih ekonomis, sedangkan kepala kendaraan dan sopirnya tidak perlu ikut, dimana komponennya cukup mahal nantinya.

Share Button

Comments

comments

Translate »