Masih Tersedia 4.800 Kuota Mudik Gratis Motor di Stasiun Senen

Jonan meninjau kesiapan stasiun Senen
Menteri Perhubungan meninjau kesiapan pelayanan mudik di Stasiun Senen. Juga diperiksa Toilet dan Mushola untuk kenyamanan penumpang (KAI)

|Lautindo|KAI|Jakarta| – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengadakan peninjauan kesiapan Ramadhan ke Stasiun Senen kemarin (13/6). Dalam kunjungan ini secara detil Menteri memeriksa kesiapan Pelayanan Penumpang di kawasan Stasiun, tiketing, kebersihan toilet, Mushola, demikian pula kesiapan para petugas. Jonan sudah merasa puas dengan kesiapan yang ada. Tetapi tetap memesankan agar semua persiapan dapat dipertahankan dan dilakukan dalam melayani penumpang hingga musim rame ini berlangsung. Masih Tersedia 4.800 Kuota Mudik Gratis Motor di Stasiun Senen

Sebagaimana di tekad kan oleh jajaran Kementerian Perhubungan, Kecelakaan selama musim ramadhan akan ditekan hingga 0 (NOL). Salah satu cara adalah mengatur pergerakan Truck angkutan Barang melalu  Surat Edaran yang diterbitkan oleh Kementerian Perhubungan SE NOMOR 22 TAHUN 2016 Tentang Pengaturan Lalu Lintas, Larangan Pengoperasian Barang, Dan Penutupan Jembatan Timbang Pada Masa Angkutan Lebaran Tahun 2016 / 1437H.

SE ini kemudian mendapat kritik dari para pelaku logistik karena dianggap tidak signifikan menekan angka kecelakaan. Baca selengkapnya di Larangan Truck Jelang Libur Lebaran

Fasilitas kedua yang ditawarkan kementerian Perhubungan adalah memberikan keringanan menaikkan Sepeda motor ke atas Kereta Api tanpa bayar. “Ada 15.800 kuota Sepeda motor yang disediakan, dan yang terisi baru 11.000” Kata Yonan. Pendaftaran akan diperpanjang hingga kuota yang disediakan habis.

Jonan berharap bahwa dengan naiknya Sepeda motor ke Gerbong Kereta Api, dan diaturnya keberangkatan Angkutan Truck di masa lebaran, dan kesiapan petugas Polisi Lalu Lintas dan Dinas Perhubungan di daerah akan bisa menekan kecelakaan selama musim mudik.

Melihat foto-foto peninjauan Jonan di Stasiun Senen, cukup banyak anggota masyarakat yang antusias merespon.

Shinta umpamanya menyatakan keheranannya. “14 tahun lalu terakhir dari Senen, sangat berbeda. Selamat pak Jonan”

Totok Sugiarto malah mengusulkan adanya escalator dari terowongan di stasiun untuk memudahkan dan meringankan pengguna Stasiun.

Setyo Mei menyampaikan kecurigaan kepada program mudik gratis oleh perusahaan-perusahaan yang kemungkinan disalah gunakan. Pada hal ini sudah mengambil seat penumpang berbayar. “Sebaiknya pakai kereta khusus saja” Pungkasnya.

Para perantau dari Perancis maupun dari Hongkong turut menyampaikan apresiasi kepada Menteri yang selalu berpakaian dinas lapangan ini.

Share Button

Comments

comments

Translate »