promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Menko Rizal Ramli Serahkan 2 Kapal Transportasi Untuk Anak Nelayan Ke Sekolah – LAUTINDO

Menko Rizal Ramli Serahkan 2 Kapal Transportasi Untuk Anak Nelayan Ke Sekolah

kapal terapung
Perpustakaan Terapung (Perapung) Kampung Nelayan Belawan dan kapal transport untuk Sekolah Anak Nelaya

|Lautindo|Maritim|Belawan| – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengunjungi Kampung Nelayan, Kecamatan Medan Belawan, Medan, Jumat (17/6/). Dalam kunjungannya ini Menko Rizal menyerahkan bantuan kepada warga Kampung Nelayan berupa 2 unit kapal transportasi untuk sekolah anak nelayan, 1000 paket sembako, dan sejumlah buku untuk perpustakaan terapung di Kampung Nelayan tersebut. Otto Hasibuan memang sudah didaulat sebagai Bapak Asuh Perpustakaan Terapung tersebut Januari lalu. Menko Rizal Ramli Serahkan 2 Kapal Transportasi Untuk  Anak Nelayan Ke Sekolah.

“Dengan adanya dua kapal ini diharapkan anak-anak nelayan semakin bersemangat pergi ke sekolah,” ujar Rizal Ramli dalam sambutannya dihadapan warga kampung nelayan.

Turut hadir dalam penyerahan itu , penasehat Menko Maritim dan Sumber Daya Otto Hasibuan, Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin, Staf Khusus Kemenko Maritim dan Sumber Daya Bidang Kemasyarakatan Elly Oemar, Staf Khusus Menko Maritimdan Sumber Daya Bidang Kelembagaan Ahmad Fachruddin, dan Asisten Deputi Pendidikan dan Pelatihan Maritim pada Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Budaya Maritim TB Haeru Rahayu.

Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi ikut mendampingi rombongan Menko Maritim dan SDA,  disertai Dirut PT Multimas Nabati Asahan (Wilmar Group) MP Tumanggor, Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution, Kadis Perikanan dan Kelautan Prop.Sumut Zony Waldi, Danlantamal I Belawan Kol Marinir Widodo. Rizal Ramli dan rombongan disambut dengan antusias oleh ratusan warga Kampung Nelayan Belawan.

Menko Rizal dalam kesempatan ini memang memusatkan perhatiannya kepada anak-anak nelayan. Menurut Rizal keluarga nelayan kebanyakan miskin. “Masalah di indonesia ada 16 juta keluarga nelayan, dan mohon maaf kebanyakan miskin, dan banyak yang belum sejahtera”, ungkap Rizal.

Oleh karena itulah pemerintah bertekad meningkatkan kesejahteraan  keluarga nelayan, agar Keluarga Nelayan memiliki kehidupan yang lebih baik. Caranya, tambah Rizal, kita harus memanfaatkan kekayaan laut dengan sebesar-besarnya contohnya dengan memerangi illegal fishing.

“Dengan ditangkapnya, ditenggelamkannya, kapal Asing pencuri ikan di Laut Indonesia, para nelayan Indonesia yang tadinya harus menempuh waktu 3 jam baru pulang, kini 1 jam melaut sudah bisa bawa ikan pulang,  waktu ketemu keluarga lebih banyak dan pendapatannya juga lebih baik”,  jelas Rizal.

Untuk menindaklanjuti perhatiannya pada pendidikan anak Kampung Nelayan, Menko Rizal menekankan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Pemerintah Kota Medan untuk meningkatkan kualitas lingkungan pendidikan di Kampung Nelayan.

Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi menyetujui pandangan Rizal Ramli. Dalam sambutannya dia katakan bahwa Pemda Sumut juga igin meningkatkan SDM disana dengan menyekolahkan anak-anak Kampung Nelayan ini. “Bagi yang ingin anaknya melanjutkan sekolah dengan menggunakan program beasiswa pemerintah silahkan  menghubungi pihak Pemprov atau Pemko”, ungkap Tengku Erry. Pemda Sumut juga akan menyerahkan bantuan asuransi bagi 60.500 nelayan di Sumatera Utara yang merupakan bantuan  pemerintah pusat. Program tersebut akan menyempurnakan program Asuransi Nelayan Sumut yang sebelumnya telah digulirkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut.

Ketika meninggalkan Kampung Nelayan, rombongan harus melewati titi kayu, dimana sebagian kayu sudah lapuk di makan usia, dan sudah tidak mampu menahan beban bila dilintasi oleh rombongan. Oleh sebab itu, ada sebagian anggota rombongan yang tercemplung ke laut termasuk kadis KKP Sumut. Beruntung tidak ada diantara mereka yang tercemplung mengalami luka serius .

Rizal Ramli dan RE Foundation
Dalam kunjungan ke Sumut, Rizal Ramli menerima hasil survey yang dilakukan RE Foundation, yang mengungkapkan 97% Masyarakat setuju pembentukan Badan Otorita Danau Toba (foto:SIB)

Sebelum meninjau Kampung Nelayan Belawan, Rizal Ramli dan Otto Hasibuan menyempatkan diri menerima hasil survey RE Foundation yang dipimpin oleh mantan Bupati Tapanuli Utara/Sekda Propinsi Sumatera Utara RE Nainggolan. Kepada Menko Maritim dan Sumber Daya yang akhir-akhir ini mempromosikan Kawasan Danau Toba dengan gencar, menerima dukungan masyarakat yang disurvey oleh RE Foundation. Dimana hasil survey mengungkapkan besarnya harapan masyarakat atas rencana pembentukan Badan Otorita Danau Toba.(Dari berbagai sumber)

Share Button

Comments

comments

Translate »