BERANGKAT YUKS, MUDIK WISATA TOUR JAVA

Museum Kereta Api, Ambarawa
Museum Kereta Api, Ambarawa

 

| Lautindo | Tour Di Jawa | Bagi pemudik yang lelah berkendara, rehat adalah hal wajib dilakukan untuk mengisi ulang tenaga dan fokus dalam berkendara. Rehat di rest area adalah hal lumrah, bagaimana bila rehat dilakukan sambil berwisata, pastilah akan lebih menarik dan menyenangkan. Objek wisata yang tersedia selama perjalanan sangat bervariasi, mulai dari bentangan pantai  yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang sudah berumur puluhan tahun, taman kota dengan wisata air dan kolam renang, hingga wisata pegunungan dengan hamparan perkebunan yang luas, mampu menghilangkan kepenatan selama perjalanan, ditambah lagi wisata kuliner yang mampu membuat berat badan bertambah. MUDIK WISATA TOUR DI JAWA.

Berikut beberapa destinasi wisata di Jalur mudik yang dapat menjadi tempat beristirahat sambil berwisata selama libur Lebaran 2016, meskipun masih banyak lagi destinasi yang belum disebutkan disini:

Gua Maria Sawer Rahmat, Kuningan, Jawa Barat
Tidak sulit mencapai Gua Maria Sawer Rahmat ini. Setelah keluar tol Cipali saya berbelok menuju ke arah Cirendang yang mulai meliuk-liuk jalannya.  Kendaraan melewati  jalan beraspal yang mulus, sementara di kiri kanan jalan terdapat rumah-rumah penduduk dengan  pepohonan yang rindang. Di luar mobil udara mulai terasa sejuk, menyegarkan paru-paru yang terbiasa terpapar polusi kota Jakarta. Gua Maria diresmikan oleh Kardinal Tomko tahun 1990 ini terletak di kaki gunung Ceremai sekitar 700 meter diatas permukaan laut. Banyak penunjuk arah di jalan yang menunjukkan lokasi Gua Maria sehingga tidak perlu kuatir tersesat. Di Gua besar terdapat patung Maria di dalamnya. Patung berwarna putih setinggi dua meter tampak anggun berdiri dengan tangan terkatup. Dibawah patung banyak bunga-bunga dan lilin-lilin yang dinyalakan peziarah.
Desa Wisata Brajan
Desa wisata yang terletak di Sendangagung Minggir Sleman, Yogyakarta, ini terkenal dengan kerajinan bambunya. Meski Brajan hanyalah desa kecil, namun masyarakatnya membuat desa ini menjadi terkenal dengan berbagai hasil kerajinan bambunya yang menawan. Tak hanya untuk keperluan pasar lokal, kerajinan bambu desa wisata Brajan juga telah diekspor ke berbagai negara. Saat libur lebaran, yang bertepatan dengan musim panen lele, desa wisata ini akan mengadakan lomba tangkap lele bagi para tamunya yang datang.
Museum Gunung Merapi
Museum dengan bangunan bergaya artistik yang dibangun dengan latar belakang Gunung Merapi ini, sejak didirikan pada 2010 telah menjadi salah satu destinasi wisata alternatif di Yogyakarta. Berlokasi di daerah Hargobinangun, saat libur lebaran museum ini telah mengagendakan pertunjukan jatilan untuk wisatawan yang datang berkunjung.

Desa Wisata Kadisoba
Kadisoba merupakan desa wisata yang menjunjung tinggi pelestarian budaya. Hal ini dibuktikan dengan masih diselenggarakannya beberapa upacara adat dan tarian yang digelar dalam waktu-waktu tertentu. Beberapa tradisi leluhur yang masih dipertahankan identik dengan budaya masyarakat Indonesia yang agraris, seperti upacara tedun misalnya, yaitu upacara yang menandakan awal musim panen. Saat libur lebaran, desa wisata ini akan menggelar sejumlah atraksi wisata menarik bagi pengunjungnya, salah satunya adalah lomba burung berkicau.

Pantai Parangtritis
Pantai yang lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Yogyakarta ini merupakan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat musim liburan. Selain dilengkapi dengan berbagai fasilitas wisata, seperti ATV dan delman, Pantai Parangtritis juga terkenal dengan panorama pemandangan matahari terbenamnya yang syahdu. Libur lebaran tahun ini, Pantai Parangtritis akan menggelar pentas musik koesploes.

Goa Selarong
Bagi Anda yang gemar berwisata ke berbagai tempat mistis, Goa Selarong menjadi salah satu tujuan wisata yang bisa menjadi pilihan. Berlokasi di Selarong, Bantul, goa ini merupakan goa bersejarah tempat napak tilas Pangeran Diponegoro saat bergerilya melawan penjajah Belanda. Namun demikian seiring perkembangan waktu, banyak wisatawan yang datang untuk berdoa sambil bersemedi di lokasi goa ini. Saat libur lebaran pihak pengelola telah menyediakan hiburan berupa pementasan jatilan bagi para pengunjungnya.

Desa Wisata Bejiharjo
Desa wisata yang terletak di kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul ini memiliki potensi wisata alam yang luar biasa menawan, salah satunya adalah Goa Pindul. Bahkan tak hanya itu, desa wisata ini juga menyimpan situs purbakala dan menjadi desa yang mempertahankan seni wayang beber yang semakin langka. Saat libur lebaran, Dispar kabupaten Gunungkidul menyiapkan gelaran budaya dengan segudang acara menarik untuk para pengunjungnya.

Gua Maria Sendangsono, Yogyakarta
Sendang Sono dinamai berdasarkan letaknya. Sendang berarti mata air, sementara Sono berarti pohon sono, sehingga nama itu menunjukkan bahwa sendang ini terletak di bawah pohon sono. Sejak 20 Mei 1904 atau kedatangan Pastur Van Lith dan pembaptisan 173 warga Kalibawang menggunakan air sendang, tempat ini mulai berubah fungsi sebagai tempat ziarah umat Katholik. Memasuki kapel utama di kompleks ziarah ini, anda bisa mengenang peristiwa pembaptisan yang terjadi 102 tahun lampau itu, sebab di kapel itu terdapat sebuah relief yang menggambarkan prosesi pembaptisan. Sementara memasuki Kapel bunda Maria dan Kapel Para Rasul, anda akan mengingat perjuangan Bunda Maria dan 12 rasul pertama.
Selanjutnya, tempat wisata di Jawa Tengah:
Pantai Widuri di Pemalang, Lawang Sewu di Semarang, Kota Lama Semarang (Little Netherland), Jalan Pahlawan Semarang, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Solo, Ngarsopura Night Market Solo, Kampung Batik Laweyan di Solo, Taman Nasional Karimunjawa di Jepara, Candi Borobudur di Magelang, Ketep Pass di Magelang, Rafting di Sungai Progo Atas Magelang, Baturaden di Banyumas, Museum Purbakala Sangiran di Sragen, Museum Kereta Api Ambarawa,Kawasan Wisata Dieng yang begitu indah dan menarik, terdapat fenomena alam vulkanis yang sangat menarik. Kawasan wisata Dieng diantaranya Bukit Sikunir, Telaga Warna, Telaga Pengilon, Telaga Merdada, Kawah Sikidang, Pendakian Gunung Prau, Candi Arjuna, Dieng Plateau Theater, Gardu pandang Tieng, Batu Ratapan Angin, Telaga Cebong Dieng, Sumur Jalatunda.
 
Selengkapnya, tempat wisata Jawa Timur:
Gunung Bromo, Pantai Pasir Putih di Situbondo, Telaga Sarangan, Ranu Kumbolo Gunung Semeru, Pulau Sempu Malang, Pantai Plengkung Banyuwangi, Pantai Bande Alit, Pantai Sendang Biru, Pulau Merah Banyuwangi, Kawah Ijen di Banyuwangi, Pantai Balekambang Malang, Jawa Timur Park (Jatim Park) Malang, House of Sampoerna – Kota Surabaya, Wisata Bahari Lamongan, Wisata Goa Maharani Lamongan, Pantai Papuma Jember, Arung Jeram Songa di Probolinggo, Air Terjun Madakaripura di Probolinggo. [baca: Berlibur: Fun, Social Cultural Interactive, Safe and Comfort]
Share Button

Comments

comments

Translate »