Angkut Bio-Diesel, Pasang ODME Pada Kapal Tangker

odme-3d| LAUTINDO | SHIPS | JAKARTA | Pemilik kapal dan masyarakat maritim perlu untuk memperhatikan tentang keharusan pasang peralatan untuk memonitor pembuangan minyak atau Oil Discharge Monitoring Equipment (ODME) pada kapal tanker atau pada kapal tanker kimia. Juga, Semua catatan peralatan untuk memonitor pembuangan minyak (ODME) harus disimpan di atas kapal selama tidak kurang dari 3 tahun. “Angkut Bio-Diesel, Pasang ODME Pada Kapal Tangker “.

Perpaduan bio-fuel terdiri dari sebagian bio-fuel dan sebagian petroleum-oil. Contohnya adalah campuran etanol dan bensin (FAME dan diesel).

Nama bio-diesel yang dikenal saat ini sesuai dengan IBC code dan tercantum dalam edaran tahunan IMO Annex 11 MEPC.2. Saat ini, ada delapan yang dikenal sebagai bio-diesel :

1.    Fatty Acid Methyl Ester (FAME)
2.    Minyak sayur
3.    Etil alkohol (etanol)
4.    Alkana (C10-C26), linear dan bercabang dengan titik nyala> 60° C
5.    Alkana (C10-C26), linear dan bercabang dengan titik nyala yang ≤60° C
6.    Alkana (C5-C7), linear dan bercabang
7.    Alkana (C10-C17), linear dan bercabang
8.    Tert-Amyl etil eter.

Bio-diesel murni yang diangkut dengan menggunakan kapal tanker kimia harus memiliki Sertifikat Fitness IBC code. Campuran bio-diesel dapat diperlakukan sebagai minyak sesuai MARPOL Annex I atau sebagai bahan kimia sesuai IBC Code.

Campuran bio-diesel tergantung pada rasio campurannya.
•     Jika campuran mengandung lebih dari 75% minyak, maka harus taat pada MARPOL Annex I;
•     jika minyak kurang dari 75% dari total campuran, maka dianggap sebagai bahan kimia dan harus taat pada IBC CODE.

MENGANGKUT BIO-DIESEL DENGAN TANKER MINYAK, TUNDUK PADA MARPOL ANNEX I

Pedoman IMO untuk pengangkutan campuran bio-diesel mulai diberlakukan pada tahun 2011. Untuk memberikan waktu yang cukup bagi para produsen Oil Discharge Monitoring Equipment (ODME) untuk dapat mengembangkan solusinya, maka IMO memberi kelonggaran sampai dengan 1 Januari 2016 untuk kapal tanker minyak tanpa ODME dibolehkan mengangkut bio-diesel dan perpaduan, asalkan residu dan pencucian tangki harus dipompa ke darat.

Tanggal 1 Januari 2016, untuk mengangkut campuran bio-diesel harus patuh pada MARPOL Annex I, ODME harus type approved untuk kapal yang mengangkut campuran dan konsentrasi tertentu. Standar type approved ODME sesuai MEPC.108 (49), dan produsen ODME kini menawarkan alat yang sudah di-upgrade dari peralatan yang ada saat ini.

Lalu apa yang perlu dipertimbangkan bila melakukan upgrade atau mengganti ODME?
• survei ke kapal termasuk tes fungsinya oleh surveyor
• Manual ODME harus direvisi dan disetujui kembali.
• sertifikat type approval baru harus disediakan.
• Sertifikat IOPP tidak akan terpengaruh kecuali upgrade standar sebelum MEPC.108(49) misalnya standar A.586 (14).

Ketika mempertimbangkan persyaratan sistem pemadam kebakaran pada kapal tanker minyak di SOLAS, perlu dicatat bahwa ketika mengangkut campuran bio-diesel yang mengandung lebih dari 5% etil alkohol, maka perlu adanya busa tahan-alkohol.

MENGANGKUT BIO-DIESEL DENGAN TANKER KIMIA, TUNDUK PADA IBC CODE

Saat ini, ada lima data bio-diesel dalam Bab-17 IBC-Code yang dapat dimasukkan dalam sertifikat fitness kapal, asalkan semua persyaratan harus dipenuhi oleh kapal. Selain itu, ada satu campuran bio-diesel, bahan bakar jet dan alkana (C10-C17), linear dan bercabang” dimasuk dalam daftar MEPC.2 yang menunggu penilaian formal dari IMO.

Bio-fuel blends of Diesel/gas oil and Alkanes (C10-C26), linear and branched with a flashpoint >60°C (>25% but <99% by volume)
Bio-fuel blends of Diesel/gas oil and Alkanes (C10-C26), linear and branched with a flashpoint ≤ 60°C (>25% but <99% by volume)
Bio-fuel blends of Diesel/gas oil and FAME (>25% but <99% by volume)
Bio-fuel blends of Diesel/gas oil and vegetable oil (>25% but <99% by volume)
Bio-fuel blends of Gasoline and Ethyl alcohol (>25% but <99% by volume)

Sebelum melakukan pengapalan selain komposisi bio-diesel campuran sesuai IBC code, maka produsen atau pelayaran harus melakukan penilaian produk sesuai dengan pedoman IMO dan mengacu pada daftar edaran MEPC.2 dan Bab-17 IBC Code. [Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc.]

Share Button

Comments

comments

Translate »