Program Tol Laut & Pariwisata Maritim Dorong Pelayaran Rakyat yang Feasible dan Bankable

Pelayaran Rakyat

| LAUTINDO | Pariwisata | Jakarta | Kondisi geografis Indonesia terdiri dari ribuan pulau dengan lautan dan bibir pantai terpanjang dunia membutuhkan ketersediaan angkutan laut yang sangat besar dalam arti kuantitas dan kualitas. Transportasi angkutan laut menjadi sangat penting untuk keberlangsungan pergerakan orang dan barang antar pulau, yang sekaligus menjadi primadona pariwisata maritim Indonesia. “Program Tol Laut & Pariwisata Maritim Dorong Pelayaran Rakyat yang Feasible dan Bankable “.

Program Tol Laut & Pariwisata Maritim Dorong Pelayaran Rakyat yang Feasible dan Bankable. Pemerintah secara simultan dan berkelanjutan mendorong pengembangan dan optimalisasi kegiatan pelayaran rakyat di seluruh pelosok tanah air. Pemerintah berkomitmen untuk memberikan masukan dan  bantuan untuk memajukan pelayaran rakyat, terutama dalam mendukung program prioritas Tol Laut dan juga memajukan pariwisata maritim Indonesia. Diharapkan Pelayaran Rakyat lebih mampu be4radaptasi dan mengakomodir perkembangan kebutuhan transportasi laut, sehingga pelayaran rakyat dapat melakukan optimalisasi pelayanan ke bidang pariwisata maritim sehingga pelayaran rakyat mampu bertahan dan lebih maju lagi dan lagi.

Sebagai prasyarat optimalisasi masuk kebidang Pariwisata Maritim, maka standardisasi dan sertifikasi pelayaran rakyat merupakan PR terbesar, diantaranya meliputi Keselamatan, Keamanan & Kenyamanan (Safety, Security dan Services). Kondisi & Kompetensi Awak dan Kapal wajib di standardisasi dan disertifikasi dengan baik dan secara kontinu dan terjadwal ditingkatkan.

Kondisi dan Kompetensi Awak dan Kapal yang distandardisasi dan disertifikasi harus terdata dan terekam dengan baik dan aman, terkonfirmasi dan dilakukan pengulangan secara berkala oleh accessor dan auditor baik internal maupun eksternal. Dengan begitu akan meningkatkan permintaan dan kepercayaan pasar terhadap kebutuhan Pelayaran Rakyat, sekaligus industri pelayaran rakyat akan menjadi (lebih) feasible dan bankable, sehingga mendorong perusahaan asuransi juga perbankan dan perusahaan pembiayaan, untuk masuk di industri pelayaran rakyat.

 

Share Button

Comments

comments

Translate »