Pelni Usulkan Peningkatan Layanan Angkutan Tol Laut

Pelni

Jakarta, 11 Febuari 2016 – Penugasan pemeritah kepada PT. Pelni untuk menyelenggarakan angkutan laut bersubsidi dengan Kapal Tol Laut berhasil memperlancar distribusi barang, sehingga upaya pemerintah mengurangi disparitas harga antar wilayah diharapkan dapat menurunkan harga barang 20-30%. Pelni bersama kementerian terkait akan terus melakukan sosialisasi langsung kepada pemasok barang pokok dan barang penting yang dibutuhkan masyarakat di rute pelayanan Kapal Tol Laut.

 

Berdasarkan evaluasi dari Kementrian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan, PP No. 7 tahun 2015 tentang Ketahanan Pangan dan PP No. 14 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal, maka jenis muatan akan lebih bervariatif dan lebih efisien pengakutan kargonya, termasuk muatan akan lebih bervariatif dan lebih efisien pengakutan kargonya, termasuk muatan balik dari daerah tertinggal salah satunya permintaan Bupati Lewoleba.

 

Untuk mendorong peningkatan layanan ankutan barang tol laut, PT Pelni (Persero) bersama Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan mengevaluasi sejumlah hal yang dirasa perlu dilakukan para stakeholder terkait kegiatan angkutan barang tol laut, yang antara lain;

 

Untuk memperlancar prosedur kegiatan Tol Laut, Pelni akan mengusulkan untuk mereview Standard Operational Procedure (SOP) bersama – sama antara regulator dan operator yang ditetapkan oleh Kemeneterian Perhubungan, Kementerian Perdagangan dan instansi terkait lainya untuk pelaksanaan angkutan barang Tol Laut.

Selain itu, untuk memperluas dan menambah jangkauan informasi jadwal, rute dan tariff angkutan barang Tol Laut di tempat – tempat yang mudah diakses oleh masyarakat seperti kantor-kantor KSOP, KUPP, Website Kementerian Perhubungan, Website Kementerian Perdagangan, Dinas perdangan di daerah serta instansi terkait lainya.

Upaya lainnya, PT Pelni (Persero) sebagai pelaksana (operator) kegiatan ini. Bila diperlukan membuat kantor satu atap untuk pengawasan operasional kapal Tol Laut. Manfaat Tol Laut sangat terasa, harga di daerah pedalaman turun sekitar 30% dari sebelumnya “ kami sangat terbantu dengan adanya Kapal Tol Laut. Warga pedalaman di kabupaten Serui menyambut suka cita dengan adanya progam ini,” kata Gufron Dirut PT. Yapen Mandiri Sejahtera, salah satu BUMD Perdagangan di Kabupaten Serui.

 

 

“Menghubungkan nusantara, menyatukan INDONESIA”

Share Button

Comments

comments

Leave a Reply

Translate »