Penentuan Tanggal Pembangunan Kapal

Geliat Industri Maritim
Geliat Industri Maritim

| Lautindo | Opini | Thahir* | Tanggal pembangunan kapal adalah tanggal yang sangat sensitive dalam operasional bisnis perkapalan. Karena dari tanggal tersebut dapat dipergunakan dalam penentuan misalnya biaya-biaya, premi asuransi dan lainnya. Tanggal pembangunan kapal atau banyak masyarakat umum mengenalnya dengan tahun pembangunan kapal. Diantara kita mungkin ada yang belum mengetahui bagaimana tata cara penetapan tanggal pembangunan kapal. Pada kesempatan ini izinkan saya akan berbagi tentang pemahaman tanggal pembangunan kapal. “Penentuan Tanggal Pembangunan Kapal”.

Badan klasifikasi kapal dunia, International Association of Classification Societies (IACS), menetapkan tanggal pembangunan kapal sesuai atau berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan dan disepakati bersama diantara anggota IACS dan didokumentasikan dalam prosedur IACS No11 tahun 2009 dan direvisi pada tahun 2010. Dalam proserur IACS No.11 tersebut dikatakan bahwa untuk menetapkan tanggal pembangunan kapal, maka badan klasifikasi anggota IACS dan lembaga pendaftar kapal dimasing-masing Negara harus mencantumkan tanggal pembangunan yang bisa dipertanggung-jawabkan, sertifikat kelas sebagai bukti hukum untuk dijadikan dasar dalam tahun pembangunan kapal tentunya harus dilengkapi dengan builder sertifikat dari galangan kapal dan laporan survey pembangunan kapal baru yang diperiksa oleh badan klasifikasi. Oleh karena itu tanggal pembangunan kapal itu sangat sensitive.

Perlu ditekankan disini bahwa untuk kapal yang dibangun baru, maka tanggal, bulan dan tahun pembangunan di mana proses pemeriksaan kapal yang dibangun baru atau kapal bangunan baru, bila dinyatakan selesai oleh surveyor maka tanggal tersebut secara definitive ditentukan sebagai “Tanggal Pembangunan Kapal”.

Dalam prakteknya, lazim, tentunya ada kemungkinan dalam proses pembangunan kapal yaitu terjadinya penundaan proses pembangunan kapal. Maka bila mana terjadi penundaan yang sangat substansial antara selesainya proses survey pembangunan kapal baru dan
Kapal mulai dapat secara diserahkan kepada pemilik maka tanggal “Commissioning” terakhir dapat juga ditentukan sebagai “Tanggal Pembangunan Kapal”.

Bagaimana halnya bila ada modifikasi kapal?
Karena beberapa hal, kapal tentunya ada kemungkinan dilakukan modifikasi. Setelah dilakukan adanya modifikasi kapal dan dinyatakan proses modifikasi dinyatakan selesai, maka “Tanggal Pembangunan Kapal” tidak bisa menggunakan tanggal baru, tanggal masih menggunakan tanggal pembangunan kapal saat selesainya proses pembangunan kapal.

Bila pengganti dalam proses modifikasi atau penambahan dapal proses modifikasi cukup besar volumenya maka IACS mengambil langkah bijak sbb :
a) Sebagai bentuk kebijaksanaan dalam IACS yang mengakomodir perubahan dengan volume pekerjaan besar, maka “Tanggal pembangunan kapal ” yang terkait dengan perubahan yang cukup besar tersebut, maka bagian-bagian perubahan harus diidentidikasi dan ditunjukkan dalam laporan dan status serta disepakati bahwa konstruksi bangunan baru dapat disurvey pada siklus survei yang berbeda. Tanggal pembangunan kapal tetap menggunakan tanggal pembangunan semula. Persyaratan dan item survey tentunya tetap didasarkan pada kapal yang memiliki “Tanggal pembangunan kapal”.
b) Biasanya badan klasifikasi anggota IACS menentukan tanggal jatuh tempo survey diselaraskan dengan kebijaksanaan dari masing-masing badan klasifikasi anggota IACS.

Ketentuan dalam prosedur penetapan tanggal pembangunan kapal diberlakukan mulai 1 Juli 2009. Perubahan-perubahannya disosialisasikan sesuai dengan Revisi-1 harus dilaksanakan seragam mulai 1 Januari 2012. [*Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc. adalah Founder dari Thahir Maritime Center]

Comments

comments

Translate »