promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Pengusaha Komponen Kapal Indonesia, Bangkitlah – LAUTINDO

Pengusaha Komponen Kapal Indonesia, Bangkitlah

Menteri Perindustrian dan PIKKI
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyempatkan meninjau pameran Komponen Kapal Nasional didampingi ketua PIKKI Eki Komaruddin (SiatasBarita)

|Lautindo|Kapal|Jakarta – Bertempat di Ruang Garuda, Kementerian Perindustrian Jakarta (16/2) diselenggarakan temu bisnis para pengusaha Komponen Kapal Indonesia yang tergabung dalam PIKKI dengan mitra usaha yakni Konsumen yang merupakan pengusaha Galangan Kapal dan Pengusaha (pemilik) Kapal. Pertemuan ini difasilitasi oleh Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika.

Anggota PIKKI dewasa ini baru berjumlah 60 pengusaha di berbagai kota di Indonesia, termasuk Batam, Pangkal Pinang pada hal kebutuhan komponen kapal ini begitu beragam dan banyak macamnya.

Pengusaha Galangan Kapal (Yance Gunawan) dari PT. Dumas Surabaya  memberikan angka 70% komponen kapal masih harus diimport, artinya devisa negara banyak sekali yang dimangsa oleh para produsen komponen kapal di Luar Negeri.

Oleh karena itu pertemuan bisnis ini sangat penting bagi PIKKI yang baru membentuk organisasi ini 2 tahun yang lalu di bawah kepemimpinan Eki Komaruddin.

Eki mengakui kesulitan yang dialami oleh anggotanya. “Bukan dalam hal kualitas, karena kami membuatnya dengan manual. Melainkan dalam hal persaingan harga dengan import.” Katanya dalam sambutan pembukaan.

Melalui pertemuan ini, Eki berharap lebih banyak lagi perhatian Industri Galangan Kapal, Perusahaan Dok dan Perkapalan maupun para Pemilik Kapal untuk menggunakan Komponen Dalam Negeri sebagaimana diharapkan oleh Presiden Jokowi dimana berulangkali menyuarakan “Mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim.”

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat transportasi,dan Elektronika sangat bersungguh-sungguh mendukung penggunaan komponen Lokal ini minimal di 40% dan untuk itu diharapkan semakin banyak pengusaha Industri dalam bidang logam terjun ke industri Komponen ini. Dirjen juga sangat menganjurkan anggota PIKKI memasukkan produknya dalam e katalog sehingga apabila ada kebutuhan yang dibiayai negara, pihak LPDP bisa dengan mudah memilih komponen buatan Dalam Negeri tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Dirjen mengukuhkan pengurus PIKKI dibawah kepemimpinan Eki Komaruddin dan Sekretaris Jenderal Baharuddin Abubakar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang sedang ada kegiatan penting lainnya menyempatkan untuk menyemangati PIKKI dengan meninjau stand produk Komponen Kapal yang dipamerkan dan berdiskusi dengan para produser tersebut. Airlangga sangat mengharapkan kebangkitan industri Komponen kapal di masa mendatang mengingat besarnya kebutuhan.

Dalam acara ini memberikan paparan Dirjen Perhubungan Laut dan Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat transportasi,dan Elektronika untuk memberikan gambaran tentang policy pemerintah yang sangat menjanjikan bagi masa depan industri komponen kapal.

Dalam kesempatan ini pula dilakukan penandatanganan MOU antara PIKKI yang diwakili Eki Komaruddin dengan PT DAK, dengan PT. DUMAS, dan dengan PT.KAPM dengan disaksikan Dirjen dan Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian.

Penandatangan MOU PIKKI
Disaksikan Dirjen ILMATE, ditandatangani MOU antara PIKKI dan beberapa Perusahaan Galangan Kapal, untuk menggunakan Komponen buatan Dalam Negeri

Dan untuk menyemangati para anggota sekaligus mempromosikan produk, panitia meminta 10 orang pengusaha untuk berceritera tentang Key Success Factor kepada para hadiriin.

Setelah pemaparan masih tersedia waktu untuk membicarakan peluang bisnis melalui interaksi pribadi.

Share Button

Comments

comments

Translate »