Perhatian Taiwan Atas Kabut Asap di Indonesia

 

IMG_7220Bertempat di Gedung pusat Palang Merah Indonesia (PMI), Ginanjar Kartasasmita yang bertindak mewakili ketua umum PMI Jusuf Kalla telah menerima 6.000 buah Masker jenis N95 dari Pemerintah dan rakyat Taiwan yang penyerahannya diwakili oleh Perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta, Chang Liang Jen dalam sebuah upacara sederhana tadi pagi.

Sebelum penyerahan, staf PMI kepada sekitar 30 orang hadirin yang terdiri dari rombongan TETO, Pengurus teras PMI, perwakilan masyarakat dan wartawan menyampaikan laporan kegiatan relawan PMI di dalam meringankan penderitaan masyarakat yang terkena bencana Kabut akibat kebakaran hutan di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

lautindo PMI

Dalam Laporan disampaikan Kegiatan relawan di lokasi bantuan yang sangat menarik perhatian Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan di Indonesia, karena benar-benar menggambarkan malapetaka yang dialami masyarakat akibat kebakaran hutan yang melanda negeri kita tahun yang lalu.

PMI merasa perlu menyampaikan laporan tersebut, sebab Pemerintah dan Rakyat Taiwan sudah menyumbangkan US $  200.000 tahun yang lalu melalui PMI untuk dipergunakan membantu masyarakat. Yang ditunjukkan dengan pembangunan berbagai sarana termasuk tanki air, Pos kesehatan hingga Pos kesehatan keliling. Demikian juga ekspedisi relawan PMI yang menyelusuri sungai hingga ke pedalaman untuk membantu pemerintah dan rakyat.

IMG_7208

Ginanjar Kartasasmita menyerahkan plakat Ucapan terima kasih Rakyat Indonesia atas perhatian dan bantuan Masyarakat Taiwanter hadap bencana asap di Sumatera dan Kalimantan

Chang Liang Jen dalam sambutannya menyampaikan rasa simpati dari masyarakat Taiwan atas musibah yang dialami masyarakat Indonesia, dan berharap melalui 6.000 masker ini sedikit mengurangi penderitaan yang dialami dan mendorong pemerintah dan rakyat Indonesia terus mengadakan riset untuk dapat meminimalkan kebakaran hutan di masa mendatang. Dilanjutkan oleh Chang, bahwa negaranya terletak dalam regional meterologi dan geologi yang tidak stabil dimana masyarakat harus terus waspada terhadap perubahan iklim dan bencana alam, sehingga pemerintahnya bertekad untuk terus bergabung dan menjadi bagian dari United Nations Framework Convention on Climate Change  (UNFCCC)  bersama pemerintahan negara -negara lain.

Diakhir sambutannya, Chang mewakili pemerintah dan rakyat Taiwan menyampaikan sukacita dan terima kasih kepada Pemerintah dan rakyat Indonesia atas kerja sama dan persahabatan dalam bidang kebudayaan, ketenagakerjaan hingga perdagangan selama ini.

Ginanjar Kartasasmita mewakili pemerintah dan Rakyat Indonesia pun mengucapkan rasa syukur dan terima kasih karena Taiwan benar-benar menjadi sahabat yang memperhatikan dan memberikan bantuan sesuai kebutuhan masyarakat yang membutuhkan masker di Sumatera dan kalimantan.

IMG_7223

Duta besar Chang dan Ketua Pelaksana PMI Ginanjar bersama para petinggi seusai

penyerahan 6000 buah Masker N95

Perlu diingatkan bahwa Bencana kebakaran hutan di Indonesia sejak bulan Juni tahun lalu sudah menghanguskan sekitar 2,1 juta hekto are hutan di Negara kita dan mengakibatkan 21 orang meninggal dunia serta 500.000 orang menderita penyakit sesak napas. Kebakaran di bumi Andalas dan Borneo ini juga telah menyebabkan gangguan perjalanan via udara hingga juga berdampak buruk kepada pariwisata kita.

 

Share Button

Comments

comments

Translate »