Menko Luhut : Dorong Penggunaan Plastik Ramah Lingkungan

Menko Luhut Dorong Penggunaan Plastik Ramah Lingkungan [Foto:Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman]
Menko Luhut Tinjau Plastik Ramah Lingkungan [Foto:Kemenko Maritim]
| LAUTINDO | Maritim – Tangerang | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengatakan Pemerintah sedang mendorong penggunaan bahan ramah lingkungan. “Menko Luhut : Dorong Penggunaan Plastik Ramah Lingkungan”.

“Kita sedang cari aturan-aturan supaya penggunaan non-plastik ini bisa dipergunakan lebih luas. Ini berkaitan dengan masalah lingkungan,” ujar Menko Luhut kepada insan pers usai melakukan kunjungan kerja ke produsen non plastik PT. Inter Aneka Lestari Kimia, Tangerang, Banten (08/05).

Didampingi Menteri Perindustrian Erlangga Hartato, Menko Luhut mengatakan Indonesia yang sedang bekerja keras memerangi sampah plastik, menyadari industri dan masyarakat kita masih belum bisa lepas sepenuhnya dari kemasan berbahan plastik.

“Tetapi, kemasan tersebut harus tetap ramah lingkungan,” ujarnya.

PT. Inter Aneka Kimia menghasilkan produk-produk plastik yang mudah terurai dan lebih ramah lingkungan yang terbuat dari bahan dasar dari singkong bukan minyak bumi seperti plastik pada umumnya. Menko Luhut mengatakan ia bangga mendengar bahwa selain ramah lingkungan produk-produk mereka juga mengutamakan penggunaan konten lokal.

“50% local content ya. Jika volume produksi diperbesar harganya bisa turun,” ujarnya kepada insan pers. Meski begitu Menko Luhut mengatakan industri ini perlu berusaha menciptakan inovasi baru untuk mengatasi kekurangannya yang antara lain belum tahan panas.

Menko Luhut menegaskan, meskipun industri-industri seperti ini perlu diberikan insentif, tetap perlu dibandingkan dulu dengan dampak lingkungannya. “Untuk masalah cukainya akan dibandingkan dulu dengan dampak lingkungannya.” pungkasnya. [Biro Informasi dan Hukum Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman]