promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Potensi Kapal Tanker 2017 – LAUTINDO

Potensi Kapal Tanker 2017

Geliat Industri Maritim
Potensi Kapal Tanker

| LAUTINDO | SHIPS | JAKARTA | Kondisi Pasar kapal tanker untuk mengangkut minyak mentah (crude oil) sampai dengan saat ini masih mengalami penderitan yang cukup berat, hal ini disebabkan masih banyaknya ketersediaan kapal tanker di dunia. Sedang terjadi over suppply kapal tanker dibandingkan dengan permintaan angkutannya. Beberapa pemilik kapal tanker dinformasikan mengalami kerugian dalam waktu yang cukup lama dan bahkan beberapa perusahaan pelayaran kapal tanker ada yang berada di ambang kebangkrutan.

Kegiatan pengangkutan minyak mentah secara signifikan mengalami penurunan dan tekanan. Permintaan untuk kapal tanker minyak mentah di tahun 2016 saja sepertinya belum ada perkembangan alias masih menurun. Beberapa ahli kapal di IMO menawarkan solusi pada waktu itu yang dikenal dengan “ship srapping”. Solusi penyembelihan kapal tanker ini atau ship recycle sepertinya dapat menjadi penawar untuk meringankan beban biaya dan tantangan menurunnya pasar kapal tanker minyak mentah. Namun ini semua masih wait and see.

Pertumbuhan permintaan minyak mentah hanya berasal dari negara-negara non-OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development). Pasar kapal tanker produk (product tankers) juga tengah berjuang dengan update status yang informasinya kelebihan akan pasokan dan kapal tanker produk tersebut harus tunduk pada perubahan aturan yang terus menerus dalam kebutuhan impor dan pola perdagangannya.

Penurunan kondisi perdagangan minyak di area trans-Atlantic karena konsumsi minyak yang lebih rendah jelas dirasakan. Sementara permintaan saat ini untuk kapal tanker produk juga masih sangat sedikit, namun beberapa pemilik yakin pasar kapal tanker produk akan dapat mengambil alih pasar tanker minyak mentah.

Permintaan LNG saat ini sepertinya terhenti, pengeboran LNG baru sedang dibangun di banyak Negara, termasuk Indonesia dan operator LNG sementara masih menikmati tarif yang rendah dikarenakan menurunnya konsumsi LNG, sehingga permintaan dinformasikan terhenti untuk segmen kapal LNG. Pasar kapal LNG tergantung pada perkembangan dalam harga gas dan tekanan dari lingkungan untuk menggunakan bahan bakar fosil yang bersih tersebut. Kecenderungan dapat terlihatnya pertumbuhan yang berkelanjutan dalam permintaan di pasar kapal LNG terutama antara 2015-2020, dan bahkan lebih lebih dari 2020.

Berdasarkan hal tersebut, perluasan jaringan LNG bunkering perlu dipertimbangkan. Pada tahun 2020, impor minyak ke China dan India cenderung akan meningkat dibandingkan dengan tingkat 2012-2016. Pasokan minyak yang akan datang terutama berasal dari Timur Tengah, Afrika dan Rusia, dan juga tawaran dengan menggunakan transportasi lewat pipa. Tingkat produksi minyak secara substansial diperkirakan lebih tinggi daripada proses lepas pantai.

Saat ini, produksi minyak lepas pantai Brasil adalah 2 juta barel per hari (bph). Diperkirakan akan meningkat menjadi 4 juta bph pada tahun 2017 dan 5 juta barel per hari pada tahun 2020. Sementara itu, impor minyak mentah AS akan memfokuskan diri pada perolehan eksplorasi jangka pendek, terutama dari Amerika Selatan.

Pemilik kapal Tanker telah mengalami tekanan yang kuat dari perusahaan minyak selama bertahun-tahun, serta skema pemeriksaan kapal oleh badan klasifikasi dan pihak marine inspector sehubungan dengan kualitas kapal dan kekuatan kapal, dan tren ini diperkirakan akan terus berlanjut. ditambakan bahwa perusahaan-perusahaan minyak umumnya memiliki standar teknis dan operasional sangat tinggi terutama untuk kapal tanker minyak.

Selain itu, karena harga bunker menurun, makan biaya unit transportasi adalah tidak bisa diandalkan. Terjadi puncaknya tawaran scrapping kapal dan permintaan untuk kapasitas tanker minyak mentah berikut pertumbuhan permintaan Cina dan dalam jumlah sumber pasokan minyak, dapat diperkirakan pasar kapal tanker berada dalam keseimbangan sebelum tahun 2020. [Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc.]

Share Button

Comments

comments

Translate »