Prediksi 2030: Kapal Tanpa Awal Angkut Cargo

cargo-ship-1

| LAUTINDO | Kapal | Indonesia | Diprediksi pada tahun 2030 kargo dunia akan mulai diangkut oleh kapal tanpa awak, yaitu kapal yang beroperasi sepenuhnya tanpa awak manusia, otomatis layaknya drone.

Untuk mengangkut produk makanan-minuman dan hasil tambang, kapal-kapal tanpa awak akan lebih aman, lebih ramah lingkungan dan lebih murah untuk dioperasikan daripada kapal-kapal kargo saat ini, seperti yang sedang dilakukan beberapa lembaga riset akan efektifitas dan efisiensi penggunaan kapal tanpa awak otomatis.

Para peneliti mengatakan bahwa banyak teknologi yang dibutuhkan untuk kapal otonom tanpa awak, tetapi tantangan sebenarnya adalah menunjukkan keamanannya.

Banyak kapal yang sudah dilengkapi dengan sistem sensor canggih. sistem keamanan teknologinya, tetapi merupakan hal lain untuk menyatukan semuanya dan menunjukkan bahwa itu bekerja cukup baik untuk memuaskan stakeholder kemaritiman, khususnya yang sudah sesuai aturan dan ketentuan IMO.

 

Tak kalah paling penting adalah rancang bangun pengembangan dan peragaan sistem peringatan untuk mencegah tabrakan kapal, termasuk aturan dan kebijakan kemaritiman global, yang diyakini dapat dicapai oleh para peneliti.

Selain potensi positif tersebut, perlu diperhatiakan bahwakapal otomatis juga menciptakan beberapa masalah tak terduga yang perlu ditangani.

Kekhawatiran utama adalah bahan bakar: bahan bakar minyak berat yang digunakan di kapal saat ini menghasilkan pemeliharaan rutin yang diperlukan, sehingga bahan bakar alternatif harus dicari.

Apakah industri maritim Indonesia siap menerima teknologi yang membuat adanya potensi banyak pekerjanya menganggur?