promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Rindu Indonesia; 9 Makanan Khas Indonesia yang Membuat Ketagihan – LAUTINDO

Rindu Indonesia; 9 Makanan Khas Indonesia yang Membuat Ketagihan

| LAUTINDO | Food | Jakarta | Makanan Indonesia secara perlahan namun pasti mulai akrab di lidah dunia, pelan-pelan berkat para vloggers, mulai dicari tahu bahwa makanan yang terbaik di Asia adalah buatan Indonesia. Ini dia daftar makanan yang membuat rindu Indonesia dan dicari lidah dunia. “Rindu Indonesia; 9 Makanan Khas Indonesia yang Membuat Ketagihan”.

Bakso
Indonesia adalah negara dengan beragam budaya, adat, suku, dan kebiasaan. Tidak hanya itu, Indonesia juga kaya akan sumber daya alam, sumber pangan, dan bumbu rempah-rempah. Kekayaan sumber daya alam dan manusia itulah yang menjadikan Indonesia sebagai negara dengan kekayaan kuliner yang khas dan unik.

Hanya di Indonesia, setiap tempat memiliki makanan khas daerah tersendiri yang berbeda dengan daerah lain. Mulai dari makanan yang wajar hingga makanan yang ekstrem.

Sudah pasti, orang yang merantau ke negeri orang akan rindu dengan suasana dan masakan Indonesia. Hal ini kemudian menjadi kesempatan bagi beberapa orang untuk membangun bisnis kuliner Indonesia di beberapa negara. Dan ternyata, makanan Indonesia tersebut digemari, tidak hanya oleh orang Indonesia yang sedang tinggal di sana, tapi bahkan oleh warga lokal.

Dari beribu makanan khas daerah-daerah di Indonesia, ada beberapa makanan yang menjadi makanan khas Indonesia karena rasanya yang cukup bisa diterima oleh semua lidah, sehingga makanan ini banyak dijumpai di berbagai daerah. Bahkan beberapa kuliner khas Indonesia ini dikenal pula hingga mancanegara.

Adapun 9 makanan khas Indonesia yang kami rangkum yakni:

Makanan khas Indonesia
Bakso – makanan khas Indonesia

BAKSO

Bakso adalah makanan yang sering kali dijumpai di setiap tempat di Indonesia, hanya saja penyajiannya yang bisa jadi berbeda. Di luar negeri, bakso biasa disebut meatball. Makanan dari olahan daging ini memang memiliki rasa yang lezat. Kuahnya pun nikmat dan segar.

Bakso adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan tepung dan bumbu, lau dicetak bulat-bulat. Bakso akan disajikan dengan kuah kaldu dan dilengkapi dengan mi atau bihun, sayur-sayuran, dan ditambah taburan seledri dan bawang goreng.

Di daerah Malang, menu bakso memiliki ciri khas tersendiri, yakni dilengkapi dengan aneka gorengan dan pangsit. Soal rasa, kurang lebih sama di tiap daerah.

Makanan khas Indonesia
S o t o

SOTO
Soto adalah salah satu makanan khas Indonesia, yakni makanan yang disajikan dengan kuah berwarna kuning dan diisi dengan daging ayam atau sapi, sayuran seperti taoge dan kubis, dan telur rebus. Soto di Indonesia memiliki beragam jenis, sesuai dengan masing-masing daerah asalnya.

Ada soto khas Kudus, Bandung, Betawi, Madura, Lamongan, dan lain-lain. Walaupun penyajiannya berbeda, namun rasanya memiliki kesamaan, karena bumbu rempah yang digunakan pun ada yang sama. Yang jelas, soto telah menjadi makanan khas Indonesia, karena di berbagai tempat banyak dijumpai tempat makan yang menyediakan makanan soto.

Makanan khas Indonesia
Rendang

RENDANG
Rendang adalah masakan khas Minang berbahan dasar daging yang diolah dengan bumbu rempah. Meskipun memiliki rasa khas masakan Minang, namun rendang sudah diterima oleh seluruh daerah di Indonesia. Rendang bahkan menjadi menu wajib saat Lebaran di Indonesia.

Makanan khas Indonesia
PEMPEK

PEMPEK
Pempek adalah menu khas Palembang yang dibuat dari bahan dasar ikan dan diolah dengan tepung. Pempek ini disajikan dengan kuah encer yang terasa asam, manis, dan pedas, yang disebut dengan cuko. Pempek merupakan makanan khas Indonesia dan asli berasal dari tangan kreatif orang Indonesia.

Makanan khas Indonesia
GUDEG

GUDEG
Menu khas Indonesia yang lain adalah gudeg Jogja. Gudeg adalah makanan dari sayur nangka muda yang dimasak dengan santan dan gula merah. Gudeg disajikan dengan nasi dan lauk pelengkap lain, seperti telur pindang, opor ayam, sambal krecek, dan lain-lain. Menu gudeg Jogja sudah cukup banyak dikenal hingga ke daerah lain di Indonesia, bahkan hingga mancanegara.

Makanan khas Indonesia
GORENGAN

GORENGAN
Makanan yang tidak boleh ketinggalan dan asli dari Indonesia adalah gorengan. Gorengan hampir ada di seluruh wilayah di Indonesia. Gorengan adalah makanan dari aneka bahan, seperti tempe, tahu, sayuran, yang digoreng dengan menggunakan tepung.

Makanan khas Indonesia
OPOR AYAM

OPOR AYAM
Opor ayam adalah masakan nusantara yang wajib ada saat Lebaran. Opor ayam adalah makanan berbahan dasar ayam yang diolah dengan kuah santan. Menu opor di berbagai daerah kurang lebih menggunakan bumbu dan cara pengolahan yang sama.

Makanan khas Indonesia
NASI GORENG

NASI GORENG
Nasi goreng sebenarnya menu yang cukup mendunia, karena juga ada di beberapa negara lain. Masakan ini asalnya dari Tiongkok, namun di Indonesia telah dilakukan beberapa modifikasi. Namun, nasi goreng juga telah menjadi masakah khas Indonesia dan terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Makanan khas Indonesia
SAMBAL

SAMBAL
Bagi orang Indonesia, belum lengkap rasanya jika makan tidak ada sambal. Sambal adalah menu olahan dari cabai yang tentunya rasanya pedas. Namun sambal khas Indonesia tidak hanya sekadar pedas, namun juga lezat rasanya. Sehingga sambal juga bisa menjadi lauk makan atau bisa menjadi bumbu masakan lain. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis sambal khas tiap daerah.

Kekayaan budaya dan kuliner yang dimiliki Indonesia tentunya membuat kita bangga menjadi warga negara Indonesia. Sudah menjadi tugas kita untuk menjaga dan melestarikan kekayaan hayati dan juga makanan khas Indonesia agar lebih dikenal di mancanegara dan menjadi komoditas bernilai jual. [penabiru.com]

Share Button

Comments

comments

Leave a Reply

Translate »