Rizal Ramli Kembali Tegaskan Pembangunan Kawasan Danau Toba

PENTAX DIGITAL CAMERA
Menko Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli berbincang dengan pemuka masyarakat Batak di Jakarta setelah memberangkatkan peserta Fun Walk for Wonderfull Toba (foto Sammy Tobing)

Lautindo | Dharma Hutauruk | Jakarta | Menteri Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya kembali menegaskan tekad pemerintah untuk meningkatkan peringkat Destinasi Danau Toba ke nomor 2 setelah Pulau Bali melalui pembangunan infra struktur di kawasan Danau Toba serta meminimalkan dampak buruk lingkungan akibat maraknya peternakan ikan nila secara komersial oleh pengusaha melalui berbagai kerambah yang bertebaran di beberapa wilayah di Danau Toba, Sumatera Utara.

Penegasan ini ditegaskan oleh Rizal Ramli yang didaulat memberangkatkan peserta lomba jalan sehat “Toba International De Tour” yang dikemas dalam acara “Fun Walk For Danau Toba” dengan mengambil start di patung kuda Monas dengan menuju bundaran Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta pusat.

Animo masyarakat begitu tinggi tidak diimbangi dengan kesiapan panitia penyelenggara, dimana dalam selebaran dicantumkan registrasi mulai pukul 06.00 agar start bisa dimulai pukul 07.00. Ternyata fasilitas yang disediakan panitia kurang memadai, baik kaos maupun minuman botol. Tidak terlihat pula sarapan seperti roti karena bisa diperkirakan banyak peserta berangkat dari rumah pukul 04.00 pagi yakni mereka yang bertempat tinggal di Depok, Bekasi, Cileungsi serta BSD, dan Tangerang.

Seorang ibu yang tidak puas dengan pelayanan panitia bahkan merebut corong untuk memuntahkan kekesalannya, dimana dia sudah pukul 04.00 berada di Monas, namun karena berbagai tempat berkumpula dan tata tertib pengambilan fasilitas yang tidak jelas, dan juga sulitnya mengenali panitia pelaksana yang memahami tatib, maka hingga acara berlangsung dia tidak mendapatkan kaos.

Dilain pihak cukup banyak peserta yang sudah mengenakan kaos langsung dari rumah, tanpa perlu bersusah payah antre dan berdesakan. Lautindo sendiri beruntung mendapat kaos dari teman yang menjadi tokoh Batak yang kebetulan tinggal satu kompleks. Dan apabila memperhatikan jumlah peserta yang sudah memakai kaos dari rumah, kita yakin bahwa cukup banyak penerima kaos yang tidak hadir di Monas.

Sebagai pemberi sambutan tunggal dan juga yang memberikan penjelasan kepada media di pagi hari tadi, Menko RR menjelaskan bahwa melalui berbagai program yang sudah dirancang dengan baik, termasuk pembangunan ring road sekeliling pulau Samosir dengan kualitas jalan tol, maka kunjungan wisatawan diharapkan tumbuh dengan pesat,

Apalagi bandar udara di Silangit, sudah diperpanjang landasannya sehingga dewasa ini sudah dillayani oleh 4 maskapai yakni Susy Air dari Medan dan Sibolga, Lion Air dengan route Jakarta-Batam-Silangit, serta Garuda dan Sriwijaya langsung dari Jakarta. Melalui Bandara Silangit, maka wisatawan yang langsung ke Parapat maupun ke Pangururan dan Sidikalang akan bisa mencapai tujuan jauh lebih cepat dibandingkan bila melalui Kuala Namu.

Disamping itu, Rizal Ramli yang didampingi oleh Otto Hasibuan, juga menyoroti keberadaan kerambah ikan nila yang baru-baru ini dikabarkan puluhan ton ikan tersebut mati. Rizal menegaskan bahwa kerambah-kerambah itu akan dilarang karena merusak lingkungan danau serta membuat pemandangan danau yang begitu indah menjadi berkurang.

Keberadaan banyak tokoh pendukung Kawasan Danau Toba seperti Menko Polkam Luhut Binsar Panjaitan, Rizal Ramli, Arief Yahya, Otto Hasibuan dan lainnya akan mengawal dilaksanakannya berbagai program yang sudah dicanangkan baru baru ini.” Tidak ketinggalan dukungan Presiden Jokowi, sehingga nyaris tidak ada penghalang sebenarnya,” pungkas Rizal Ramli.

Sebelum jalan sehat dimulai, dilakukan pemanasan dengan diiringi lagu-lagu batak yang cocok untuk menghentakkan kaki dan menggerakkan badan. Lalu di panggung yang disediakan setelah peserta kembali dari bundaran Hotel Indonesia, seperangkat alat tradisional batak berupa Tataganing siap mengiringi para panortor dan penyanyi untuk menghibur hadirin.

Share Button

Comments

comments

Translate »