Rute Baru, Hangzhou/Fuzhou – Jakarta Terusan Lombok-NTB

Setiawan Liu

Maskapai Xiamen Airlines akan membuka rute baru penerbangan Hangzhou – Fuzhou – Jakarta plus Mataram di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB), mengingat tingginya animo wisatawan Tiongkok terhadap wisata bahari dan kepulauan.

lautindo Gili 2Rute baru ini dibuka sebagai alternatif terhadap rute yang sudah lebih dulu ada, yakni Hangzhou-Fuzhou ke Jakarta, dengan terusan Bali. “Wisatawan Tiongkok ke Bali cenderung menurun, mengingat suasananya (Bali) semakin padat. Sebagian wisatawan Tiongkok mau betul-betul memanfaatkan suasana liburan tanpa suasana bising, gaduh bahkan polusi. Arus lalu-lintas dan aktivitas bisnis di Bali potensial mengurangi tingkat kenyamanan liburan,” Roy Wong, konsultan pariwisata di Jakarta mengatakan kepada Lautindo.

 

Xiamen Airlines menggandeng biro perjalanan Nusaraya Tour di Jakarta dengan kantor cabangnya di Denpasar. Operasional Xiamen untuk jalur penerbangan yang in – out dari Bandara Soeta Cengkareng Jakarta sudah memasuki tahun ke tiga. Selama ini, (bisnis) berkembang bagus. Selain harga tiket yang murah, Xiamen Airlines juga mengedepankan pelayanan. “(bisnis) sudah tiga tahun, tren ke depan juga bagus. (rute) in – out dari (Bandara Soekarno Hatta) Jakarta – Xiamen mau tambah connection (terusan) ke Lombok, bahkan Yogyakarta, dan Kepulauan Seribu (Jakarta). Kami sedang mempersiapkan infrastrukturnya.” tambah Roy.

lautindo Gililautindo gili 3

Kepulauan Gili dan bangunan tradisional yang eksotik

Roy mengaku sudah lebih dulu melakukan survey ke Lombok, khususnya destinasi ke kepulauan Gili. Selama tiga hari survey bersama management Xiamen Airlines, ada tiga pulau yang potensial untuk menarik wisatawan Tiongkok. Ketiga pulau tersebut yakni Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno. Pemilihan Lombok sebagai destinasi wisata untuk memberi lebih banyak pilihan kepada wisatawan Tiongkok. Karena di Tiongkok daratan, tujuan wisata pantai sangat minim. Kalaupun ada, terutama di bagian selatan, pantai dan laut dimanfaatkan untuk pelabuhan. “Management Xiamen Airlines memanfaatkan Jakarta sebagai hub untuk destinasi terusan.

Jakarta sendiri tidak terlalu diminati wisatawan Tiongkok, kecuali kegiatan bisnis. Kami sempat mengadakan test market. Bandung sebetulnya menarik, tetapi Jaraknya tanggung dari Jakarta. Sehingga kami cenderung buka rute ke Yogyakarta (Jawa Tengah). Daya tariknya sudah pasti Candi Borobudur dan Mendut. Apalagi wistawan Tiongkok banyak yang beragama Buddha, sehingga antusias untuk mengunjungi Candi Buddha.”

Lautindo gili 1

Kendaraan tradisional menyambut tamu

Kepulauan Gili di NTB  sudah cukup dikenal oleh masyarakat Eropah, Australia. Sehingga sekelebat, banyak wisatawan asing yang berseliweran termasuk berolah-raga air seperti selancar. Keunikan lagi, kepulauan Gili masih  ‘perawan’ dengan suasana rimbun, hijau dan bersih. Bahkan perjalanan dari pelabuhan ke hotel, wisatawan harus menggunakan jasa angkutan tradisional delman. Hal ini semakin menambah daya tarik wisata kepulauan Gili. “Dibanding Lombok, (kepulauan Gili) memang kecil. Tetapi keunikan dan kenyamanan tidak kalah. Masyarakat asli (Gili) juga tidak fanatik. Mereka terbuka dengan turis asing. Wisatawan bisa berselancar, sambil berbikini. Wisatawan juga bisa menikmati sajian termasuk minuman seperti bir di beberapa hotel. Aksesnya juga ada yang dari Bali, dengan naik ferry, walau pun  perjalanan ke pelabuhan ditempuh sekitar dua jam.” 

Share Button

Comments

comments

Leave a Reply

Translate »