promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Sarpras Pendukung Produksi Kelautan dan Perikanan di Yogya – LAUTINDO

Sarpras Pendukung Produksi Kelautan dan Perikanan di Yogya

shutterstock_20909569
Dibutuhkan Sarpras Pendukung Produksi Kelautan dan Perikanan

| Lautindo | Kementrian Maritim & Sumber Daya | Yogya | Gatot Saptadi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY dalam rapat koordinasi di Yogya menyatakan, “Yogyakarta menjadi contoh single cold storage dengan kapasitas 3 ton, untuk itu pemerintah daerah harus memberikan kerja sama yang baik agar ini bisa direalisasikan.  Ini merupakan implementasi ‘among tani dagang layar’, di mana nantinya kelompok tani di setiap kabupaten akan menjadi operatornya. Lokasi sarana dan prasarana tersebut akan membuat kebutuhan nelayan di kota Yogyakarta akan terpenuhi dan bisa menjangkau wilayah Pacitan.  Yogyakarta menjadi percontohan untuk Jawa di bagian tengah”, tandas Gatot. Sarpras Pendukung Produksi Kelautan dan Perikanan di Yogya.

Khusus untuk Regional Jawa Bagian Tengah (Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta), sarpras pendukung produksi kelautan dan perikanan akan di bangun di 10 Kabupaten/Kota meliputi Single Cold Storage sebanyak 9 unit yaitu di Kab. Bogor, Kab. Cianjur, Kab. Indramayu, Kab. Subang, Kab. Brebes, Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kab. Demak dan Kota Yogyakarta, serta Pabrik Rumput Laut sebanyak 1 unit yaitu di Kab. Karawang.

Guna memastikan sarpras pendukung produksi kelautan dan perikanan yang akan dibangun pada tahun 2016 ini dapat terealisasi dan berfungsi sebagaimana mestinya, maka kami akan mengkoordinasikan sejak persiapan sampai terbangunnya sarpras  tersebut serta akan terus dimonitor pelaksanaannya sampai dengan beroperasinya sarpras tersebut, lanjut Agung.

Permasalahan yang  kerap muncul pada pembangunan sarpras  pendukung produksi kelautan dan perikanan adalah pemenuhan pasokan daya listriknya yang tidak memadai, untuk itu pada kesempatan ini dari awal kami koordinasikan dengan pihak-pihak terkait terutama PT. PLN (Persero) yang selama ini memasok kebutuhan listrik nasional.

Mengingat pengadaan sarpras pendukung produksi kelautan dan perikanan akan terus diadakan sampai dengan tahun 2019, maka diharapkan pada tahun mendatang KKP menyampaikan perencanaan kebutuhan pasokan listriknya kepada PT. PLN setahun sebelumnya sebagaimana yang pernah disampaikan oleh pihak PT. PLN pada rapat koordinasi tingkat pusat beberapa minggu yang lalu di Kantor Kemenko Bidang Maritim dan Sumber Daya.

Untuk mengetahui sejauh mana persiapan DIY sebagai objek percontohan di wilayah Jawa bagian tengah, maka dilakukan peninjauan lapangan ke lokasi rencana pembangunan Single Cold Storage di Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta pada hari Kamis (23/6). Peninjauan ini bertujuan untuk mengetahui secara langsung rencana lokasi pembangunannya, sehingga memudahkan langkah-langkah penyelesaiannya apabila terdapat kendala, khususnya terkait pemenuhan pasokan daya listriknya.

Peran semua pihak khususnya Pemerintah Daerah sangat penting guna keberlanjutan sarpras pendukung produksi kelautan dan perikanan terutama terkait dukungan APBD-nya setiap tahun sampai dengan benar-benar mandiri dari pengelola sarana prasarana tersebut.

Share Button

Comments

comments

Translate »