Satelit NASA Menangkap Jejak Jalur Kapal Di Atas Samudra Atlantik

NASA Menangkap Jalur Kapal Di Atas Samudra Atlantik (foto: istimewa)
NASA Menangkap Jejak Jalur Kapal Di Atas Samudra Atlantik (foto: istimewa)

| LAUTINDO | Ships | Internasional | Satelit NASA berhasil menangkap gambar yang cukup mencengangkan berupa seperti gulungan pita awan yang berselang-seling yang kemungkinan disebabkan oleh jejak kapal-kapal di Samudra Atlantik timur lepas dari kapal-kapal Spanyol dan Portugal. “Satelit NASA Menangkap Jejak Jalur Kapal Di Atas Samudra Atlantik”.

Meski jejak jalan setapak seperti pita awan putih terlihat samar-samar seperti jejak asap yang tertinggal oleh pesawat terbang, namun sebenarnya jejak pita wan tersebut berupa hasil knalpot kapal.

Awan tipis, yang dikenal sebagai trek kapal, terbentuk saat uap air mengembun di sekitar partikel polusi mikroskopis yang dikirim kapal sebagai knalpot. Karena partikel yang lebih kecil dan lebih banyak daripada awan di sekitarnya, jalur kapal biasanya lebih cerah dan tebal dalam tampilannya dan dengan batas yang mudah ditentukan.

NASA mengatakan bahwa jalur kapal semacam ini biasanya terbentuk saat keberadaan awan stratus dan awan kumulus rendah.

Beberapa awan di gambar merentang ratusan mil dari ujung ke ujung, dengan ujung yang sempit menjadi yang termuda (paling dekat dengan kapal), sementara ujung yang lebih luas dan lebih tua lebih tua.

Share Button

Comments

comments

Translate »