promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Satu Sabuk Satu Jalan Indonesia – LAUTINDO

Satu Sabuk Satu Jalan Indonesia

Peta tol laut
Peta Tol Laut , Rencana & Anggaran Pembangunan Kelautan

| Lautindo | Jakarta | Posisi demografi Indonesia yang berada di tengah-tengah jalur rantai pasokan Satu Sabuk Satu Jalan China. Secara sadar atau tidak konsep kebijakan pemabangunan global China, sepertinya menginspirasi serupa dan hampir sama dengan konsep pembangunan infrakstruktur di negara kepulauan Republik Indonesia. Satu Sabuk Satu Jalan Indonesia.

China begitu ‘tersistemik’ mensosialisasikan kebijakan Satu Sabuk Satu Jalan, One Belt One Road China, dengan tujuan menjadi dan melestarikan diri, sebagai negara penguasa perekonomian dunia. Hal inilah yang menginspirasi negara negara ASEAN untuk melakukan setidaknya seperti yang dilakukan China, untuk menjaga rantai pasok dalam negeri khususnya, dan sekaligus mengambil peran dan manfaat dari perpanjangan jalur Satu Sabuk Satu Jalan China.

Baca : Satu Sabuk Satu Jalan China terhadap ASEAN

Maritime Fulcrum Poros Maritim
Silk Road to and through Indonesia Maritime Fulcrum, Poros Maritim

Seperti diketahui, pembangunan infrastruktur pelabuhan sangatlah sesuai dengan visi Presiden Jokowi membangkitkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia, dengan sinergi pembangunan (jalur) perkeretaapian yang sedang berjalan oleh sinergi Kementrian Koordinator Kemaritiman dan Sumber Daya dengan Kementrian dan juga BUMN dan Institusi terkait lainnya.

Kebijakan Satu Sabuk Satu Jalan ‘sepertinya’ juga sedang berjalan dalam pembagunan di Indonesia, yang  sudah dapat dilihat dari program pemerintah yang sedang berjalan saat ini, dengan membangun jalur tol dan atau jalur kereta api yang terhubung di masing masing di pulau terbesar di Indonesia. Seperti pembangunan infrastruktur Jalan Tol maupun Jalur Kereta Api yang sedang berjalan di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Papua, dan juga didukung dengan program tol laut, yang menghubungkan antar pulau di Indonesia, yang terjadwal dan rutin secara terus menerus. Sudah tentu pembangunan secara serempak dan berkelanjutan adalah untuk pembangunan perekonomian Indonesia yang berkeadilan. Akan timbul tantangan dan hambatan untuk pembangunan infrastruktur termasuk pembebasan lahan, ketidakstabilan politik dan potensi korupsi, namun hal tersebut akan diminimalisir dengan adanya sosialisasi dan konsolidasi intensif dengan penegakan hukum yang baik di tingkat pusat maupun daerah.

Persiapan dan Pembangunan infrastruktur mapun sumberdaya yang ada, kiranya terus dikembangkan, sebagai langkah aktif dan antisipatif untuk mengambil peran dan juga keuntungan dari posisi demografi Indonesia sebagai penopang dan pemain penting dari perpanjangan dan limpahan ekonomi one belt one road China, dan sebagai Poros Maritim Dunia. Satu Sabuk Satu Jalan Indonesia.

Share Button

Comments

comments

Translate »