Solusi terhadap Masalah Logistik di Indonesia

| LAUTINDO | Logistik | Jakarta |  Trend perlambatan perekonomian Indonesia sudah terlihat sejak tahun 2011, walau pun di kwartal terakhir 2015 kelihatan trend menaik mengindikasikan sulitnya roda-roda perekonomian Indonesia terus bergerak. Hal ini diperparah pula dengan tingginya biaya logistik di Indonesia yang sudah mencapai 24% dari PDB, jauh lebih tinggi dibanding Malaysia yang mencatat hanya 15% dan AS serta Jepang yang 10% saja.

Dari sudut pandang para pemilik Property Komersial yang berhubungan dengan Logistik, komponen-komponen berikut ini tentu saja menjadi pertimbangan tersendiri yang menambah mahalnya biaya logistik antara lain, PBB semakin mahal, Harga tanah terus menanjak,Tidak semua ruang gudang terpakai.Tidak semua ruang ruko dan rukan terpakai.

Penjabaran masalah di atas mengindikasikan kurang optimalnya aset-aset perusahaan. Efek lanjutannya adalah beban perawatan dan pemeliharaan, beban listrik, dll. Salah satu faktor penyebab gudang-gudang tersebut kurang optimal atau tidak terpakai adalah ketidaksesuaian antara permintaan sewa gudang dengan gudang yang ditawarkan. Ketidaksesuaian tersebut bisa dari sisi ukuran, harga, fasilitas, dll.

Sementara itu, melalui berbagai program yang diluncurkan Pemerintah, diharapkan pertumbuhan ekonomi melalui aktivitas semua sektor, mulai dari UKM hingga Korporasi Multi Nasional. Para pebisnis skala Mikro, UKM hingga sedang mengharapkan fasilitas pergudangan yang membuat management logistik menjadi mudah

Inilah masalah penyewa gudang yang perlu mendapat solusi: Sewa gudang semakin mahal.Bayar sewa ada yang harus tahunan. Mencari sewa gudang bulanan terasa sulit,Ingin membayar ruang gudang sesuai pemakaian terasa sulit, dan Mau bisnis tanpa gudang dan manajemen logistik semakin susah.

Solusi terhadap masalah logistik Indonesia harus segera dicari dan kita tidak bisa hanya berpangku tangan berharap pemerintah mengerjakan semua pekerjaan rumah negara ini. Kyatmaja Lookman, Presiden direktur PT Lookman djaja mengatakan “Maka, sesuai dengan kemampuan kami saat ini, Gudang BANG! didirikan untuk turut membantu mengurai masalah logistik dan rantai pasokan negara ini.”

Proyek Gudang BANG! dimulai dari kegiatan paralel pengembangan situs dan pengerjaan gudang-gudang ukuran kecil, menengah, dan besar di kantor milik PT Lookman Djaja yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan usaha mikro, UKM dan IKM. Ukuran-ukuran tersebut antara lain 1.2m x 3m x 2.4m dan 1.2m x 5m x 2.4m yang sudah disamakan dengan ukuran kapasitas truk engkel.

 

Foto interior gudang Ancol - Gudang BANG!                                                                Interior gudang Ancol – Gudang BANG!

Ditambahkan oleh Kyat, Selain usaha mikro, UKM, dan IKM, para pemilik hunian dengan dengan ruang terbatas dan kantor yang membutuhkan ruang untuk meletakkan dokumen dapat menggunakan gudang-gudang milik PT Lookman Djaja yang sedang dibangun. Tentu saja pemesanannya melalui perantaraan Gudang BANG!

Berikut ini gambaran yang lebih gamblang  Solusi Gudang BANG! terhadap masalah logistik dan pergudangan

Gudang BANG! diciptakan untuk mempertemukan pemilik propertidengan ruang dan gudang menganggur, alias penyedia gudang, untuk disewakan bagi para pengusaha IKM dan UKM dan pemilik hunian dengan ruang terbatas yang membutuhkan ruang ekstra dan gudang.

sebagai tahap awal, Gudang Bang membangun Gudang untuk kepentingan PT Lookman Djaja di kawasan Ancol. Gudang ini dirancang sesuai dengan kebutuhan (customize) pengguna. Sebanyak 35 tempat penyimpanan sudah siap digunakan sesuai kebutuhan. Dan untuk selanjutnya akan dibangun di Sumatera dan Sulawesi

Foto tampak depan gudang Ancol - Gudang BANG!Gudang Ancol – Gudang BANG!

Gudang BANG! dengan posisi merek ‘Manajemen Pasar Gudang –Warehouse Marketplace Management’ memberikan layanan-layanan sebagai berikut:

  • Informasi keberadaan gudang terstandarisasi yang ada dalam jaringan Gudang BANG!
  • Informasi lokasi gudang-gudang dalam jaringan Gudang BANG! yang terdekat dengan Anda
  • Gudang yang terintegrasi dengan jaringan distribusi dan logistik
  • Lokasi strategis
  • Sewa gudang bulanan
  • Sewa gudang atas nama satu orang, namun dapat digunakan bersama hingga lima orang
  • Layanan antar jemput barang
  • Keamanan 24 jam
  • CCTV
  • Koneksi internet (WiFi) dalam gudang
  • Dan masih akan bertambah lagi…

Foto gang gudang Ancol dalam pengerjaan - Gudang BANG!Salah satu gang gudang Ancol dalam pengerjaan

Gudang BANG! akan memulai layanan terbatas dengan ketersediaan gudang di wilayah Ancol pada Senin, 11 Maret 2016. Silahkan akses www.gudangbang.com dan mari bersama-sama beraksi untuk mengurangi masalah logistik Indonesia!

Share Button

Comments

comments

Translate »