promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Taman Nasional Kepulauan Seribu seluas 10.000 ha – LAUTINDO

Taman Nasional Kepulauan Seribu seluas 10.000 ha

Terumbu karang kepulauan Seribu
Deputi IV, Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman Safri Burhanuddin mengunjungi Pulau Badi, Makassar untuk memastikan berhasilnya pembibitan Coral sebelum dipindahkan ke Taman Nasional (Terumbu Karang) Kepulauan Seribu (Ist)

|lautindo|Maritim|Jakarta – Kementerian Kordinator Bidang Kemaritiman ingin segera mewujudkan taman laut khusus terumbu karang di Kepulauan Seribu. Demikian disampaikan oleh Deputi IV Bidang Kordinasi SDM, IPTEK, dan Budaya Kementetian Kordinator Bidang Maritim, Dr. Ir. Safri Burhanuddin ketika mengunjungi termpat pembibitan (nursery) coral di Marine Station milik Universitas Hasanuddin di pulau Badi, Makassar (26/8). Coral tersebut rencananya akan dipindahkan ke lahan yang telah disiapkan di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

Safri berharap dalam waktu dekat segera bisa memindahkan coral itu ke lahan seluas 10 ribu ha yang merupakan bagian dari Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS). “Sejauh ini,saya lihat coral di sini (Pulau Badi, red) bisa tumbuh dengan baik dan mudah-mudahan bisa segera kita pindahkan untuk melengkapi taman nasional kita,” ujarnya.

Disamping  coral, deputi IV juga berencana untuk membawa kima (genus kerang-kerangan berukuran besar penghuni perairan laut hangat) ke taman nasional terumbu karang di Kepulauan Seribu.

Coral
Salah satu jenis Coral yang akan menghiasi Taman Nasional Kepulauan Seribu . Wikipedia

Dalam kesempatan yang sama, peneliti sekaligus pengelola marine station Unhas Saifudin mengatakan bahwa coral dan kima yang berusia setahun telah memiliki kemampuan bertahan hidup yang besar. “Jadi dia akan bisa hidup di tempat lain asalkan lautnya bersih tidak ada sampah plastik dan mendapatkan sinar matahari yang cukup,” jelasnya.

Lebih jauh, Deputi IV Safri Burhanuddin mengatakan bahwa taman terumbu karang Indonesia ini bakal menjadi taman yang memiliki koleksi spesies terumbu karang paling lengkap di dunia. “Kalau ingin melihat jenis-jenis terumbu karang di Indonesia bisa lihat di taman ini,” tukasnya. Indonesia, tambahnya, memiliki  terumbu karang yang beragam jenis dan bentuknya. Tak hanya ditujukan untuk destinasi wisata, taman tersebut juga akan dijadikan pusat riset terumbu karang yang paling lengkap di dunia.

Proses pembibitan dan pengembangan terumbu karang ini, menurut Safri juga akan melibatkan peneliti dari berbagai perguruan tinggi dan lembaga riset di Indonesia.


Share Button

Comments

comments

Translate »