Industri 4.0 : Ini Tantangan Sektor Logistik

IOT Logistics

| LAUTINDO | Logistik | Jakarta | Tantangan sektor logistik nasional di era revolusi industri 4.0, sangat perlu dipahamai dan disiasati. Pemanfaatan teknologi otomatisasi disebut sebagai keniscayaan yang akan memdorong bisnis sektor logistik tetap bertahan di masa depan. “Industri 4.0 : Ini Tantangan Sektor Logistik”.

“Perlu dipahami, semuanya itu menuju otomatisasi, menggunakan teknologi artificial intelligence (AI), dan internet of things (IoT),” ujar Nofrisel COO Cargo-iD.

“Perkembangan teknologi nantinya akan memberikan pengaruh ke industri logistik serta supply chain. Hal ini juga telah mendorong industri transportasi, logistik dan supply chain Indonesia untuk saling berkolaborasi secara intensif,” imbuh Nofrisel.

Nofrisel memberikan contoh bahwa saat ini banyak perusahaan logistik yang tidak memiliki aset apapun namun kemudian justru bisa menjadi pemain penting di bidang logistik.

“Itu karena dorongan dan kekuatan sesuatu keunggulan yang diperoleh dari pemanfaatan teknologi kekinian. Rata-rata semua aktivitas logistik sudah dikoneksikan dengan semua hal yang berbasis teknologi,” kata Nofrisel.

“Di samping itu, bisnis model korporasi di sektor transportasi, logistik dan supply chain juga dituntut untuk terus disesuaikan mengingat sektor ini adalah salah satu industri yang terkena disrupsi, terutama karena kemajuan teknologi dan perubahan selera para pelanggannya,” pungkasnya.

Share Button

Comments

comments

Translate »