Siasati Tantangan Sektor Logistik Sebagai Peluang

multimoda transportasi maritim
Multimoda Transportasi Maritim Terintegrasi

| LAUTINDO | Logistik | Jakarta | Sektor logistik memiliki tantangan dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 mengingat semua aktivitas rata-rata sudah digerakan melalui teknologi, baik baik aplikasi pengguna individual, maupun berupa platform. “Siasati Tantangan Sektor Logistik Sebagai Peluang”.

Kepala Komite Tetap Bidang Logistik, Supply Chain, dan SDM Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Nofrisel mengatakan ada sejumlah tantangan utama dalam Revolusi Industri 4.0 yang harus bisa diatasi pelaku bisnis logistik nasional.

Menurut Nofrisel, penggunaan-penggunaan melalui otomatisasi, teknologi artificial intelligence (AI), dan internet of things (IoT) dinilai akan berpengaruh terhadap performa industri yang otomatis berpengaruh juga kepada kinerja logistik dan supply chain.

Nofrisel mencontohkan, saat ini banyak perusahaan logistik yang tidak memiliki aset apapun namun kemudian justru bisa menjadi pemain penting di bidang logistik.

“Itu karena dorongan dan kekuatan sesuatu keunggulan yang diperoleh dari pemanfaatan teknologi kekinian. Rata-rata semua aktivitas logistik sudah dikoneksikan dengan semua hal yang berbasis teknologi,” kata Nofrisel

Beberapa aktivitas logistik saat ini seperti pergudangan, transportasi, pelayaran, dan pelabuhan, menurutnya, sudah dikoneksikan oleh sebuah sistem berbasis teknologi.

Nah, hal ini membuat daya saing kita menjadi kompetitif. Tetapi, tetap ada disrupsinya atau dampak yang harus diperhitungkan,” terang Nofrisel.

Dampaknya bisa terjadi apabila para pelaku bisnis logistik tak memiliki pengetahuan yang memadai guna menghadapi Revolusi Industri 4.0, khususnya pada sektor logistik.

Nofrisel juga mengatakan dengan daya dukung teknologi tersebut membuat para pelaku bisnis logistik seharusnya berlomba-lomba menurunkan tarifnya mengingat bisnis ini akan berjalan secara kompetitif dan ketat.

“Memang tuntutan setelah menggunakan teknologi, implikasinya adalah itu (menurunkan tarif),” pungkas Nofrisel.

BC Cargo iD
Cargo iD: Smart Secure Instant Delivery Platform