The 2nd Indoport Expo 2016, Percepatan Pertumbuhan Ekonomi.

 

Jpeg
Mewakili Gubernur DKI Jaya, Sinaga dari Dinas Perhubungan meresmikan Indoport II

Lautindo | Dharma Hutauruk | Jakarta – Tanpa banyak diketahui masyarakat, Pemda DKI sudah berkolaborasi dengan pemda Propinsi NTT dan kabupaten Kupang untuk mensukseskan Tol Laut. Caranya? Pemda DKI membeli Sapi yang berasal dari NTT yang akan diangkut oleh PELNI sebagai operator Tol Laut. Juga memberikan modal kepada para peternak di kabupaten Kupang untuk pengembangan ternak sapi untuk kemudian menjualnya ke Jakarta melalui perusahaan yang sudah ditunjuk sebagai Operator. Demikian Sinaga dari Dinas perhubungan DKI mewakili Gubernur dalam pidato pembukaan Pameran Indoport 2 di Gedung Smesco Jakarta (24/5).

Dalam upacara pembukaan, Direktur Akses Pasar dan Promosi Kelautan dan Perikanan, Innes Rahmania juga memaparkan berbagai upaya yang dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan serta juga usaha yang masih harus dilakukan dalam rangka mengoptimalkan sinergi unsur-unsur yang sangat diperlukan dalam rangka kedaulatan Bangsa dalam bidang kelautan. Indoport 2 yang digagas oleh Tim Pelindo dan IPC ini dia harapkan menjadi ajang kerja sama diantara para peserta untuk mewujudkannya.

Jpeg
Fasilitas di Krakatau Bandar Samudera

Pameran ini diikuti Perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang kepelabuhanan seperti PT. Krakatau Bandar Samudera dari Cilegon, PT. Sarana Citra Nusa Kabil dari Batam. PT. Pelayaran Citranstirta Tata Sarana juga di Batam, Terminal Peti Kemas Koja. Pun ikut memamerkan produk dan jasa pembangunan jalan menggunakan Geocyntetics, PT Multibangun Rekatama Patria.

Dari Luar Negeri pun turut menawarkan produk dan Jasa Jan de Nul Group yang diwakili PT Idros Services, Baudouin melalui PT. Mekatronik Artha Nusantara, Kiswire melalui PT Kiswire Indonesia, Royal Haskoning DHV, China SDH Engineering Group Co.LTD dan tentu saja PT. Berca Mandiri Perkasa. dan puluhan perusahaan lainnya.

Walau tidak sebesar dan sebanyak peserta Inamarine yang diselenggarakan minggu lalu di JiExpo Kemayoran, namun pameran Indoport 2 ini lebih fokus dan diharapkan kehadiran masyarakat yang ada kaitan dan perhatian kepada kemajuan kelautan Indonesia.

Innes menggarisbawahi 5 pilar Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang menjadi amanah dan harus dilaksanakan oleh pemerintah dan rakyat Indonesia yakni, Pembangunan kembali budaya Maritim Indonesia, Komitmen Menjaga dan mengelola sumberdaya laut, komitmen mendorong pengembangan infastruktur dan konektivitas maritim dengan membangun Tol Laut, Pelabuhan Laut Dalam, Logistik, dan Industri Perkapalan, Pariwisata maritim, Diplomasi Maritim untuk mengatasi konflik maritim, dan Membangun kekuatan pertahanan Maritim, Jadi kaitan pameran ini sudah sangat jelas kaitannya dengan Pilar-pilar yang diamanahkan.