promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Kemenko Kemaritiman Berangkatkan Tim Ekspedisi Nusantara Jaya ke Pulau Terpencil – LAUTINDO

Kemenko Kemaritiman Berangkatkan Tim Ekspedisi Nusantara Jaya ke Pulau Terpencil

Kemaritiman 001

| LAUTINDO | Maritim |¬†Baubau |¬†Kemenko Bidang Kemaritiman memberangkatkan tim Ekspedisi Nusantara Jaya dari Universitas Dayanu Ikhsanuddin (Unidaya) Baubau ke Pulau Kokoe, Sulawesi Utara. Tim yang berjumlah 25 orang dari berbagai fakultas tersebut dilepas oleh perwakilan dari Asisten Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Elfi Syafitri dan Rektor Unidaya Sjamsul. Rencananya, tim gabungan dari Fakultas teknik,FKIP, FE dan Program Magister itu akan berangkat menuju Pulau Kokoe menggunakan kapal laut, yang dijadwalkan akan tiba Jumat ini (11/8). “Kemenko Kemaritiman Berangkatkan Tim Ekspedisi Nusantara Jaya ke Pulau Terpencil”.

Kepada peserta,Elfi mengingatkan anggota tim untuk bersungguh-sungguh melakukan pengabdian kepada masyarakat. “Program ini (ENJ) dibuat untuk dapat mengenalkan potensi pariwisata dan budaya Indonesia, melatih Kepedulian sosial dan mengetahui kondisi masyarakat di pulau-pulau kecil atau terluar Indonesia serta meningkatkan kecintaan terhadap NKRI, maka gunakan kesempatan itu untuk menyumbangkan ide serta kemampuan kalian bagi masyarakat setempat,” ujarnya serius.

Senada, Rektor Unidaya Sjamsul juga meminta agar anak didiknya dapat mengamalkan ilmu yang mereka peroleh dari fakultas di masyarakat. “Kenali kebutuhan mereka lalu bantu dengan ilmu yang sudah kalian dapat karena ekspektasi masyarakat, mahasiswa itu memiliki ilmu yang tinggi,” kata Sjamsul.

Sementara koordinator tim ENJ Unidaya, Randy, mengatakan kesiapan timnya untuk membantu masyarakat di Pulau Kokoe.

Mahasiswa semester 2 Unidaya itu menyebutkan bahwa timnya akan melakukan pelatihan pengembangan produk kerajinan tangan dan produk olahan hasil perikanan kepada penduduk setempat. Tak hanya itu, dia juga mengatakan bahwa anggota tim lainnya yang berasal dari fakultas pendidikan akan membantu mengajar di sekolah-sekolah dasar setempat. “Kami sengaja memilih pulau ini untuk melakukan program ENJ karena banyak penduduk miskin disana sehingga butuh diberikan keterampilan agar lebih produktif,” tambah koordinator yang juga alumni ENJ 2016 ini.

“Kami sudah survey kesana dan memetakan kebutuhan masyarakat sehingga dapat menyusun program kerja selama 10 hari kedepan,” jelas Randy.

Lebih jauh, tim ENJ Unidaya merupakan tim ke-6 yang telah diberangkatkan oleh Kemenko Bidang Kemaritiman setelah UlN Syarif Hidayatullah, UI, ITB, Unsyiah, Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah), dan Universitas Tanjungpura. Tujuan pelaksanaan Ekspedisi Nusantara Jaya adalah untuk memberikan wawasan tentang budaya maritim dan memotivasi generasi muda agar berkarya untuk serta berkontribusi positif bagi masyarakat yang tinggal di pulau-pulau kecil atau terluar wilayah Indonesia.
Tahun 2017 merupakan kali ketiga Kemenko Bidang Kemaritiman menggelar program ENJ. Targetnya, tahun ini ada 3000 peserta dari jalur pemuda dan 68 peserta usia pelajar se-Indonesia yang mengikuti ekspedisi tersebut. Pemberangkatan peserta dari kalangan dimulai dari Bulan Juli-Oktober 2017 dengan menggunakan kapal perintis. Sedangkan peserta pelajar akan diberangkatkan pada Bulan November sebelum acara puncak Sail Sabang dengan menggunakan KRI Dewa Ruci. (BIH-maritim)

Share Button

Comments

comments

Translate »