promosyon promosyon powerbank http://mrnreklam.com.tr promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon promosyon powerbank promosyon Tips & Tricks Beli Kapal Tanker – LAUTINDO

Tips & Tricks Beli Kapal Tanker

tanker-bumn| LAUTINDO | TIPS | JAKARTA | Dibutuhkan referensi dan rekomendasi tentang cara terbaik bagi pebisnis kapal dalam memutuskan dan membeli kapal tanker dan bagi masyarakat maritime yang berminat berbisnis kapal tanker. Sebagaimana kita ketahui memang kondisi transportasi muatan minyak lagi lesu-lesunya di dunia dan di dalam negeri Indonesia. Namun di beberapa sector perusahaan minyak nasional karena tuntutan kebutuhan nasional akan bahan bakar minyak maka Pertamina misalnya masih membutuhkan sejumlah kapal tanker untuk mensupply diseluruh pelosok anah air. Inilah beberapa tips sederhana strategis untuk membeli kapal tanker second-hand yang lagi dijual atau ditawarkan.

Pertama-tama yang perlu dan harus kita fahami bahwa kapal tanker di dunia ini banyak ragam dan jenisnya. Kadang masih banyak diantara kita memahami bahwa kapal tanker itu hanya satu jenis saja. Sebagai contoh misalnya : Oil Tanker, Shuttle Tanker, Product Tanker, Chemical Tanker, dan Liquefied Gases, dan lainnya. Ini berarti bahwa setiap jenis kapal tanker memiliki spesifikasi dan kekhususan tersendiri. Begitu juga perlakuan untuk pemeriksaan pun juga berbeda. Oleh karena itu kita harus secara mendetail, meski tidak terlalu detail, melihat spesifikasi teknisnya dan tidak hanya sekedar melihat ship particular yang biasa ditawarkan oleh para broker kapal. Karena alasan tersebut maka harga kapal tanker sangat bervariasi dari satu jenis dengan jenis yang lain. Tentunya kita harus mencari adviser biasanya seorang ahli di bidang perkapalan atau naval architecture atau marine enginer atau personil yang sudah professional menggeluti hal ini.

Perhatian terhadap pengambilan keputusan untuk membeli kapal tanker ini harus dilakukan sejak awal atau sedini mungkin saat kita menemukan atau ditawari kapal tanker yang akan dijual. Dalam prakteknya di lapangan terdapat banyak penjual atau broker kapal tanker menawarkan kapal dan kita harus mempertimbangkan sebelum terpikat oleh tawaran tersebut. Saya mencoba mengurai beberapa tips penting dalam mempertimbangkan pembelian kapal tanker adalah sebagai berikut;

1. Kondisi fisik kapal tanker.
Hal pertama yang harus kita pertimbangkan adalah kita harus memastikan seyakin-yakinnya bahwa kapal tanker tersebut dalam kondisi yang terbaik. Kita bisa melihat status kelas kapal tersebut. Tidak hanya itu, kita harus melihat secara langsung, bukan karena berita, ke kapal tanker tersebut. Kita harus melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memverifikasi, bila perlu undang ahlinya, untuk mengetahui bahwa kapal tanker tersebut dalam kondisi fisik yang baik dan semua mesin dan permesinannya, serta kelistrikannya berfungsi baik, termasuk semua peralatannya, bagaikan seorang surveyor kita periksa sebagaimana checklist pemriksaan kapal. Sampai kita yakin bahwa kapal tanker yang akan kita beli benar-benar tidak memiliki permasalah teknis atau mekanis. Sebagai tambahan, bila perlu kita lakukan uji coba peralatan intinya.

2. Apakah kapal tanker yang dijual tersebut memenuhi standar klasifikasi atau regulasi yang berlaku?
Kepuasan adalah syarat mutlak bagi seorang, karena bisa menjadi beban pikiran selama kita operasikan kapal tanker tersebut. Jangan ada tercampur keraguan dan setitik ketidak-puasan. Salah satu faktor yang harus dipenuhi saat membeli kapal tanker adalah mempertimbangkan akan kepuasan kita sebagai pembeli kapal. Kita harus sejak awal harus mendefinisikan tujuan pembelian kapal tersebut. Minimal pembeli harus yakin bahwa kapal masih memenuhi ketentuan klasifikasi dan regulasi nasional yang berlaku. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa tanker memenuhi syarat standar yang ditetapkan.
3. Sifat-sifat Teknis kapal tanker yang dijual.
Teknis operasi kapal tanker yang akan kita beli biasanya disesuaikan dengan jenis kapal tankernya. Sesungguhnya, penggunaan berbagai jenis kapal tanker bisa berbeda-beda. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk melihat apakah sifat-sifat teknis dari kapal tanker yang dijual tersebut dapat kita fahami. Hal ini dapat membantu kita dalam rangka mengambil keputusan yang tepat dan baik, khususnya biaya operasi, perbaikan dan perawatan kapal.

4. Integritas dari penjual dan broker kapal tanker.
Penjual dan broker kapal tanker dimana kita sedang berinteraksi dan saat kita sedang mempertimbangkan untuk membeli kapal tanker minyak tersebut diupayakan mencari yang memang memiliki hubungan langsung dengan penjual kapal atau bila yang kita hadapi adalah broker kapal maka upayakan mencari broker kapal yang kita kenal dan kredibel, bila perlu yang berlisensi atau yang berpengalaman dan memiliki integritas.

Di antara beberapa tips tersebut di atas dan yang dapat kita jadikan sebagai bahan pertimbangan diatas, maka pertimbangan ke-empat adalah faktor yang paling penting dan menentukan untuk diperhatikan saat mencari dan memutuskan membeli kapal tanker. Memang hal ini kelihatan sepele. Pada dasarnya, dalam banyak hal, penjual atau broker kapal tanker biasanya memiliki tim yang solid, upayakan mencari yang memiliki tim yang berkualitas, profesional dan berpengalaman. Cirinya biasanya tim tersebut menawarkan beberapa opsi saran secara terperinci tentang mulai awal sampai akhir dari proses pembelian kapal tanker. Dapatkan informasi rinci tersebut sebelum kita menyelesaikan dan menjatuhkan keputusan dalam membeli kapal tanker tersebut. [Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc.]

Share Button

Comments

comments

Translate »