Deklarasi Truk Pelopor Keselamatan Berlalu-lintas

truk pelopor| Lautindo | Logistik | Jakarta – Asosiasi Pemilik Truk Indonesia (Aptrindo) bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Perhubungan Darat dan Jakarta International Container Terminal (JICT),┬áhari ini mendeklarasikan “Truk Pelopor Keselamatan Berlalu-lintas” bertempat di Lapangan Pintu Masuk PT. Jakarta Container Terminal.

Dalam rilis yang dibagikan kepada media disebutkan bahwa Keselamatan berlalulintas bukan saja menjadi kebutuhan para driver, para pengusaha truk, pemilik barang maupun pengenadara kendaraan lainnya, melainkan juga hak dan kebutuhan para pejalan kaki.

Untuk itu Kementerian Perhubungan mengajak Asosiasi Pemilik Truk Indonesia (Aptrindo) untuk berkontribusi di dalam meminimalkan kecelakaan yang ditimbulkan oleh truk, baik di dalam kota maupun di jalan raya antar kota dan antar propinsi. Peranan para pengusaha untuk mendidik para Drivernya untuk menjalankan kendaraannya sesuai aturan yang berlaku, demikian pula kepatuhan untuk mengangkut muatan yang tidak melebihi kapasitas yang sudah ditetapkan akan sangat membantu program pemerintah baik untuk keselamatan berlalulintas, maupun memperpanjang umur pemakaian jalan mau pun truk itu sendiri.

Keselamatan dalam bisnis Trucking sangat dituntut oleh para pengusaha pemilik barang dari para pemilik truk. Apalagi sekarang ini sudah terbuka bisnis trucking se ASEAN. Maka keselamatan barang, kecepatan pengiriman barang sangatlah dituntut.

Mengingat Sopir atau Pengemudi menjadi ujung tombak angkutan barang, maka Deklarasi ini menjadi penguatan akan peran tersebut melalui pelatihan dan pendidikan bagi mereka termasuk kemahiran mengendarai, pemahaman akan aturan dan tanda-tanda lalulintas, termasuk peraturan lalu lintas internasional. Namun demikian, para pengusaha pun dituntut untuk meningkatkan kesejahteraan para sopir. Sebab apabila kesejahteraan minimal sudah terpenuhi, maka mereka pun akan fokus dan mengendarai truk dengan tenang dan suka cita.