Uji Kir Gratis Di Surabaya Dibiayai APBN

Menko Maritim dan Menhub Tinjau Fasilitas Uji KIR Gratis di Surabaya
Menko Maritim dan Menhub Tinjau Fasilitas Uji KIR Gratis di Surabaya

| LAUTINDO | Transport┬á| Surabaya | Menko Bidang Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan bersama-sama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan uji kelaikan kendaraan umum atau uji KIR di UPTD Balai Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Surabaya. “Menko Maritim dan Menhub Tinjau Fasilitas Uji Kir Gratis Di Surabaya Dibiayai APBN”.

Ada beberapa kendaraan yang sedang dilakukan pengujian KIR gratis saat itu, salah satunya yaitu taksi online yang dikendarai oleh seorang pengemudi bernama Lucas.

Menurut Menko Luhut Fasilitas Uji KIR Gratis ini didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

“Ini kan dari Kemenhub, awalnya kan ada keluhan Uji KIR bayar, sekarang sudah dibebaskan oleh Pak Budi Karya. Anggarannya dari APBN ya ini gak apa-apa tapi mereka kan gak ada yang berantem lagi antara online dan non-online”, kata Menko Luhut.

Sambil meninjau pengujian KIR gratis ini Menko Luhut juga menjelaskan setelah dilakukan pengujian KIR, nantinya akan diberi tanda dibagian dalam kap mobil mengikuti permintaan dari pengemudi.

“Ini mobil pak Lucas adalah taksi Online namun pagi harinya dipakai untuk usaha katering, mungkin dia malu (kalau tandanya di luar mobil) oke kita terima, jadi saya kira sekarang sudah selesai”, jelas Menko Luhut dihadapan media.

Sedangkan menurut Menhub Budi Karya Uji KIR gratis ini akan dilaksanakan selama sebulan dan akan diberlakukan sanksi tilang bagi taksi online yang tidak lulus Uji KIR.

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomer 108/2017, angkutan umum berbasis aplikasi wajib melakukan uji KIR. Demi keamanan penumpang, pengemudi baru bisa memperoleh izin operasional apabila dia telah melakukan uji kelayakan kendaraan tersebut.

Sebelumnya 6 Maret lalu, pemberian fasilitas uji KIR gratis juga sudah diberikan di di UPT PKB Dinas Perhubungan Kota Tangerang

Share Button

Comments

comments

Translate »
´╗┐