Menjadi Poros Maritim, Wajar Tiru Pelabuhan Terbaik Dunia

Netherlands Rotterdam Port
Netherlands Rotterdam Port

| LAUTINDO | PORT | JAKARTA | Banyak diantara kita kadang-kadang bertanya-tanya dalam diri sendiri, seperti apakah sebenarnya pelabuhan kapal laut yang baik dan terbaik itu?. Menurut laporan yang dibuat dalam forum ekonomi dunia (World Economic Forum), bahwa pelabuhan modern Negara Belanda, Singapura, dan Uni Emirat Arab adalah pelabuhan yang patut dicontoh untuk pembangunan pelabuhan di Indonesia. Ketiga negara tersebut memiliki pelabuhan kapal laut yang dibilang sebagai pelabuhan terbaik di dunia. Kenapa tidak dicontoh saja untuk Indonesia. Oleh karena itu untuk bisa menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia sebagai perwujudan dari kebijakan nasional yang sampai saat ini terus dibangun, maka salah satu solusinya bahwa pelabuhan-pelabuhan di Indonesia harusnya dibangun dengan mencontoh pada pelabuhan di tiga negera tersebut. Tentunya tidak menutup kemungkinan untuk mencontoh pelabuhan Negara lain yang juga layak untuk dicontoh. “Untuk Poros Maritim, Wajar Tiru Pelabuhan Terbaik Dunia”.

Seperti halnya kita ketahui bersama bahwa pelabuhan-pelabuhan pada ketiga Negara tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan-peralatan pelabuhan terbaru dan peralatan-peralatan yang termodern. Lahan pelabuhannya juga dibuat sangat besar dan luas tidak sempit (tidak setengah-setangah), fasilitas pelabuhan yang dibangun semuanya berkualitas sangat tinggi. Demikian juga gedang-gedung dan gudang-gudang untuk keperluan pengiriman muatan atau kargo juga diranvang luas dan besar dan gudang pengapalannya dengan penggunaan yang sangat spesifik.

Untuk itu kita melihat dan tengok lebih dalam isi pelabuhan-pelabuhan pada ketiga Negara tersebut. Bila perlu bikin studi banding.

Pelabuhan di Belanda
Kenapa untuk membangun pelabuhan-pelabuhan di Indonesia sepatutnya mencontoh pelabuhan-pelabuhan yang ada di Belanda?.
Belanda dinobatkan menjadi negara dengan pelabuhan-pelabuhan yang berpredikat terbaik dan peringkat nomor satu di dunia. Pelabuhan-pelabuhan di Belanda memiliki skor 6,8 poin (maksimal 7) untuk pelabuhan kapal lautnya. Hal ini sebagaimana telah dirilis dalam laporan persaingan dunia dari World Economic Forum. Dalam laporan tersebut dikatakan bahwa nilai “1” adalah skor pelabuhan yang terburuk dan nilai “7” adalah nilai untuk pelabuhan yang terbaik.

Sebagian besar pelabuhan-pelabuhan di Belanda sangat dilengkapi dengan teknologi terbaru. Tentunya juga ada pelabuhan-pelabuhan di Belanda ada yang belum dilengkapi dengan teknologi terbaru namun boleh dibilang masih lebih baik dari pelabuhan lain di dunia. Pelabuhan-pelabuhan di Belanda sebagian besar menangani pengiriman dan transportasi kargo dan petrokimia.

Pemerintah Negara Belanda berinvestasi di pelabuhan-pelabuhannya termasuk di pelabuhan Rotterdam sebagai contoh, yang memiliki fasilitas yang sangat baik, dan dilengkapi dengan ekstensi panjang (long extensions), gudang-gudang yang besar dan dilengkapi dengan sarana pengamanan yang canggih.

Pelabuhan di Singapura
Negara Singapura, Negara yang sangat dekat dengan Indonesia, Negara Singapore memiliki pelabuhan dinilai dengan peringkat kedua di dunia dengan 6,7 poin (maksimal 7). Pelabuhan kapal laut di Singapore adalah pelabuhan juga dinilai sebagai pelabuhan tersibuk di dunia. Setiap tahunnya kargo yang ditransportasikan bisa mencapai sebesar 1,5 miliar ton (data pada tahun 2005). Singapura menjaga stabilitas ekonominya dengan bisnis pelabuhan dan Singapore berinvestasi pada bisnis pelabuhan. Apakah tanjung priok bisa menjadi pelabuhan tersibuk di dunia?. Apakah kita juga akan berinvestasi pada bisnis pelabuhan?

Pelabuhan di Singapore dirancang dan dibangun dengan ukuran yang cukup besar meski harus melakukan reklamasi di beberapa titik dan pelabuhan di Singapore ini menjadi tempat yang diminati untuk berhentinya atau beristirahatnya bagi banyak kapal-kapal kargo besar dari negara lain. Untuk itu pelabuhan Singapore bisa menagih dengan jumlah tariff yang cukup besar dikarenakan kepuasan dan keamanan aktifitas kapal di dalam pelabuhan. Itulah salah satu pendapatan utama Negara Singapore.

Sesuai informasi dari forum ekonomi dunia itu, Negara Singapore dapat dan telah membuktikan dirinya mengangkut seperlima dari total muatan kontainer yang ada di dunia, dan mengangkut setengah dari minyak mentah yang ada di dunia. Meskipun Negara Singapore memiliki daratan yang sangat kecil dan sempit dibandingkan dengan Indonesia, tetapi Negara Singapura mengetahui bagaimana Singapore bisa mengambil keuntungan dengan potensi garis pantainya yang ada dan yang benar-benar dimanfaatkan.

Pelabuhan di Negara Uni Emirat Arab
Satu lagi yaitu dengan Uni Emirat Arab (UEA). Negara ini dalam penilaiannya, pelabuhan-pelabuhannya terletak pada uruttan ketiga terbaik dunia dengan skor 6,5 poin (maksimal).
Pelabuhan-pelabuhan di UEA, dalam transportasi untuk UAE dan sekitarnya hampir dapat menangani setengah dari peredaran container di dunia (lebih besar dari Singapore). Karena UEA adalah negara yang terletah di wilayah Teluk, dan UEA memiliki cadangan minyak yang cukup besar yang berada di dekat pantai. UAE mempertahankan dan meningkatkan ekonominya dengan mengandalkan mengekspor minyak mentah ke negara-negara lain.

Negara UEA diakui mempunyai kekuatan dalam hal pengiriman lewat kapal laut dan UEA telah banyak berinvestasi untuk pembangunan pelabuhan-pelabuhannya. UEA mengetahui potensinya bahwa perdagangan melalui laut dengan menggunakan pelabuhan yang dimilikinya sangat bermanfaat bagi UEA pada skala yang lebih besar. Memiliki pelabuhan besar, dinamis dan modern membuat port UEA menjadi Negara pelabuhan terbaik di dunia.

Pentingnya Indonesia memiliki Pelabuhan yang berkwalitas
Negara-negara yang memahami pentingnya perdagangan lewat laut pasti berinvestasi pembangunan melalui jalur transportasi laut. Negara-negara tersebut telah berinvestasi dalam jumlah besar untuk membangun pelabuhan-pelabuhannya dengan dilengkapi teknologi yang modern. Teknologi tidak hanya dapat membantu dalam membuat jalur perdagangannya sendiri tetapi juga dapat menjadi sumber pendapatan bagi negara-negara yang terkurung daratan (landlocked countries).

Negara dengan ekonomi terkemuka di dunia adalah Negara yang telah memanfaatkan sumber daya lautnya dalam bentuk jalur laut yang dijaga dan Negara-negara tersebut telah melakukan perdagangan melalui jalur laut dengan cara yang sangat efisien.

Memiliki pelabuhan yang dilengkapi dengan peralatan yang baik dan handal akan membantu mengelola ekonomi nasionalnya untuk kebutuhan ekspor dan impornya. Negara seperti Indonesia, perdagangan internasionalnya sangat tergantung pada jalur perairan Indonesia. Indonesia tidak perlu ragu untuk meniru Negara-negara yang meliki peringkat terbaik di dunia demi cita-cita menjadi poros maritim dunia. [Ir. Sjaifuddin Thahir, MSc.]

Share Button

Comments

comments

Translate »